Beranda Akses Produksi Budidaya Ikan Patin Jambi Capai 19 Ton Lebih

Produksi Budidaya Ikan Patin Jambi Capai 19 Ton Lebih

JAMBI, AksesNews – Tahun 2018, budidaya ikan patin di Provinsi Jambi mencapai 19.997 ton pertahun. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman saat dikonfirmasi, Rabu (19/06/2019).

Produksi budidaya ikan patin terbesar tersebut berasal dari Tiga wilayah kabupaten/kota di provinsi Jambi yang meliputi Kabupaten Muaro Jambi, Batanghari, dan Kota Jambi. “Khusus produksi patin pada tahun 2018 lebih kurang 19,997 ton pertahun,” kata Tema.

Terkait pemasaran produksi ikan patin, Tema menyampaikan bahwa pihaknya melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Selain dari itu, dirinya juga menyebut agar mendapatkan produksi ikan patin yang berkualitas pihaknya memberikan sosialisasi kepada pembudidaya ikan.

Melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk pemasaran ikan patin ini. Diharapkan produksi ikan patin yang berkualitas sehingga dapat bersaing dengan ikan patin dari daerah lain.

“Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan sosialisasi kepada pembudidaya ikan tentang cara pembenihan ikan yang baik (CPIB), tentang Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB),” kata Tema.

Dalam budidaya ikan, tentunya masalah pakan merupakan hal yang penting, namun Tema menerangkan telah memproduksi pakan sendiri dan sudah dilaksanakan kerjasama dengan IPB guna untuk menekan biaya produksi.

“Memproduksi pakan sendiri dan sdh dilaksanakan kerjasama dgn IPB. Hal ini untuk menekan biaya produksi sehingga diperoleh harga pakan yg murah dgn nutrisi dan protein yg baik untuk pertumbuhan ikan yang sesuai dgn cara pembuatan pakan ikan yang baik (CPPIB) termasuk bantuan mesin pencetak pakan dr KKP, yaitu GERPARI Gerakan pakan ikan mandiri,” jelasnya.

Untuk memenuhi konsumsi ikan patin pihaknya melaksanakan kegiatan kampanye gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan).

“Melakukan diversifikasi produk olahan dari ikan patin, Dimana diolah menjadi salai patin, abon, rengginang, bakso ikan, nugget ikan, dll. Selain itu juga melaksanakan kegiatan Kampanye Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan),” jelas Tema.

Selain itu juga dirinya, berharap kedepan produksi perikanan provinsi Jambi meningkat. terciptanya peluang usaha dari sektor perikanan sehingga meningkatnya pelaku usaha perikanan yang bergerak pada sektor perikanan (nelayan, pembudidaya ikan, UMKM pengolah hasil perikanan), menumbuhkan UMKM pengolah perikanan.

“Semua ini diharapkan pendapatan pelaku usaha perikanan meningkat sehingga kesejahteraannya juga meningkat,” pungkasnya. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi