Beranda Akses Tradisi Masyarakat Bajubang Laut Agar Terhindar dari Wabah dan Penyakit

Tradisi Masyarakat Bajubang Laut Agar Terhindar dari Wabah dan Penyakit

BATANGHARI, AksesJambi.com – Tradisi dan adat istiadat tentunya masih sangat melekat di kalangan masyarakat Indonesia, dalam hal kegiatan apapun masyarakat di suatu wilayah tentunya tidak pernah melupakan ritual ataupun tradisi, mulai dari tradisi kegiatan pernikahan, tolak bala bahkan peringatan kematian.

Dalam hal ini, penyebaran wabah virus corona makin meluas. Akibatnya, pemerintah mengintruksikan agar warganya tetap di rumah, tidak berpergian keluar kota, bahkan enggan untuk bersalaman tangan ketika bertemu.

Namun ada yang unik dalam menangkal virus corona di Indonesia, seperti yang dilakukan warga Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muara Bulian, yang melakukan tradisi tolak bala yang biasa disebut ‘Burda atau Barda’ atau memagari kampung dari penyakit dan wabah.

Ratusan masyarakat Desa Bajubang Laut serentak hari ini turun ke jalan dalam rangka melaksanakan salah satu tradisi turun temurun yaitu mengadakan Burda atau barda keliling sebagai wujud permohonan kepada Allah SWT, semoga masyarakat desa Bajubang Laut khususnya dan masyarakat Batanghari pada umumnya, di jauhkan dari segala macam balak dan petaka termasuk juga penyakit menular lainnya.

Penjabat Kepala Desa Bajubang Laut, Zamhuri mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu tradisi dari nenek moyang sebagai wujud upaya dan ikhtiar kepada Allah SWT, agar terhindar dari wabah virus Corona (covid-19) yang saat ini lagi melanda dunia.

“Kegiatan Barda keliling ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Desa Bajubang Laut sebagai bentuk keprihatinan atas wabah yang saat lagi melanda dunia, dengan tujuan semoga Allah memberikan perlindungan dan keselamatan kepada kita semua” ucapnya, Rabu (18/03/2020) kemarin.

Sementara itu salah tokoh masyarakat Bajubang Laut, Sauri mengatakan dihari itu masyarakat desa sengaja memepersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan Burda melakukan turun kejalan di Desa Bajubang Laut.

“Allhamdulillah hari ini (Rabu,red) masyarakat Desa Bajubang Laut turun kejalan mengadakan burda/barda sebagai wujud permohonan kepada Allah dan ikhtiar kepada Allah SWT, agar terhindar dari wabah virus Corona yang saat menjadi isu hangat di Indonesia, mari kita secara bersama – sama berdoa kepada Allah SWT agar kita semua dijauhkan dari balaq dan virus Corona ini” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi