Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Al Haris Teken MoU dengan Poltekkes Kemenkes Jambi

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Poltekkes Kemenkes Jambi tentang Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan dilaksanakan pada Apel Gabungan Lintas Sektor Kesehatan, di Lapangan Direktorat Poltekkes Kemenkes Jambi, Kota Baru, Senin (18/12/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut, para unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala OPD dan instansi terkait serta Pimpinan dan pejabat Poltekkes Kemenkes Jambi.
Kesepakatan ini bertujuan untuk efisiensi efektivitas inovasi serta mutu pelaksanaan program pembangunan kesehatan daerah dan pengembangan sumber daya daerah provinsi Jambi. Dan ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan kerjasama pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia, serta pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama di bidang lain berdasarkan kesepakatan para pihak.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Politeknik Kesehatan Jambi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan semua pihak yang berperan serta untuk menyiapkan pelaksanaan apel gabungan ini. Apel gabungan lintas sektor kesehatan ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk memberikan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat/publik, termasuk untuk menghadapi berbagai penyakit, serta untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” kata Al Haris.

Al Haris melihat bahwa dalam apel gabungan lintas sektor kesehatan sekaligus penandatanganan MoU yang dihadiri oleh pemangku kebijakan dalam bidang kesehatan, praktisi kesehatan dan juga hadir para mahasiswi yang sedang belajar sebagai tenaga kesehatan, menggambarkan komitmen bersama untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Pada apel gabungan ini saya melihat ada yang mencetak SDM lalu ada yang memakai SDM, ini dua hal yang bisa dilihat, ini yang satu anak-anak masih mahasiswa-mahasiswi, yang kelompok lain ada kelompok yang memakainya. Inilah satu kolaborasi dalam mengangkat derajat dan harkat martabat kesehatan di provinsi Jambi. Jambi ini masih jauh, masih banyak kekurangan kita, mulai dari pelayanan masyarakat, SDM, juga sarana prasarana kita yang masih minim sekali. Inilah tugas kita, keduanya sejalan, SDM yang melayani dan sarana dan prasarana yang mendukung, keduanya harus seimbang sehingga tercipta derajat kesehatan yang baik,” jelasnya.

Al Haris menyatakan bahwa saat ini Provinsi Jambi juga pelan-pelan bangkit dan berbenah dengan peningkatan SDM dan sarana prasarana yang terus diperbaiki. “Kita juga pelan-pelan bangkit, ya, Rumah Sakit kita sudah mulai berbenah dengan peralatan-peralatan yang canggih. Tentu juga diikuti oleh SDM yang bagus. Kedepannya bersama dengan Poltekkes agar menguatkan masing-masing kelembagaan kita agar searah sejalan bersama-sama dalam membentuk karakter yang membentuk kesehatan yang baik di Jambi,“ jelas Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut, Al Haris juga mengingatkan salah satu yang harus diutamakan adalah bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. ”Salah satu yang harus kita lakukan adalah pelayan. Orientasi kita adalah pelayanan, goal kita adalah bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, jangan sampai orang mengeluh, kita harus konsisten dalam memberikan pelayanan, itu yang kita tanamkan, konsep dan karakter melayani,” ungkap Al Haris.

“Besar harapan saya agar bapak, ibu, saudara-saudari semua terus semangat dalam mengemban tanggung jawab dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, berkerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Provinsi Jambi, yang selanjutnya berdampak positif terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jambi. SDM yang berkualitas dan unggul merupakan modal utama dalam pembangunan, baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional,” pungkasnya.

(Maria Yuliana/Foto : Erict Sutriedi/Kamerawan : Said Usman, Erict Sutriedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here