Fachrori: Camat Harus Berperan Aktif Sukseskan Pemilu 2019

JAMBI, AksesNews – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengharapkan seluruh camat di Provinsi Jambi untuk dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui koordinasi dengan program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi, baik melalui pendanaan APBD maupun APBN.

Para camat juga dituntut untuk berperan aktif sukseskan Pemilu tahun 2019. Baik Pemilihan Presiden maupun Pemilihan Legislatif. Hal tersebut disampaikan Fachrori saat Membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat Semester II Se Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (18/12/2018).

“Para camat harus bisa memfasilitasi kebutuhan masyarakat di daerahnya, lakukanlah koordinasi dengan semua pihak untuk memenuhinya. Inilah kesempatan para camat untuk menyampaikan berbagai kendala dan hambatan dalam pembangunan, sehingga bisa menjadi catatan dan cepat ditindaklanjuti guna perbaikan kedepannya,” ujar Fachrori.

Fachrori mengemukakan, pertemuan ini sangat strategis guna memperkuat komunikasi, meningkatkan sinergi, dan memperkokoh komitmen bersama guna mewujudkan pembangunan yang lebih baik lagi kedepannya, serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat, yang nantinya berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu kunci keberhasilan berbagai program kegiatan yang akan kita laksanakan adalah dengan meningkatkan koordinasi dan mengintensifkan komunikasi dengan semua pihak. Semua permasalahan yang muncul akan bisa diselesaikan dengan baik jika komunikasi dan koordinasi berjalan dengan lancar,” ungkap Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori mengatakan, terkait Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden pada tahun 2019, camat memiliki peran yang sangat penting sekali agar masyarakat yang ada di wilayahnya dapat menggunakan hak suaranya. Camat harus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk peduli dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang.

“Saya berpesan kepada seluruh camat untuk berperan aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi pada tahun 2019, dengan tetap menjaga netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menghindari terjadinya pelanggaran serta konflik yang mungkin saja terjadi ditengah masyarakat,” pungkas Fachrori.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat,S.Sos,M.Si menyampaikan, pertemuan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan 2 kali dalam setahun, bertujuan untuk lebih mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta sebagai salah satu persiapan dalam menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

“Rakor ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi, informasi dan masukan-masukan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Provinsi Jambi guna mewujudkan Jambi TUNTAS 2021, serta untuk memberikan pemahaman terhadap netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di Provinsi Jambi,” ujar Rahmad.

Pada kesempatan ini, Fachrori menyerahkan piagam penghargaan kepada Camat Teladan Provinsi Jambi Tahun 2018. Peringkat pertama diraih oleh Camat Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Abdul Rozak,S.STP, peringkat kedua diraih oleh Camat Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Johan Hendry Bororing,S.STP, dan peringkat ketiga diraih oleh Camat Pasar Jambi Kota Jambi, Mustari Affandi,S.STP.

Sedangkan untuk Camat favorit diberikan kepada 3 Camat, yaitu: 1. Camat Favorit Pengembangan Bidang Keagamaan, Camat Pamenang Selatan Kabupaten Merangin, Akhmad Khoiruddin AS. 2.Camat Favorit Pengembangan Bidang Usaha Kecil Menengah, Camat Rimbo Ulu Kabupaten Tebo, Siti Nariyah, dan 3.Camat Favorit Pengembangan Bidang Ketenteraman dan Ketertiban, Camat Bathin II Babeko Kabupaten Bungo, Giyatno. (Hms)