Beranda Akses Kapolda Jambi Hadiri Kegiatan Pemaparan & Pemantauan terkait Karhutla

Kapolda Jambi Hadiri Kegiatan Pemaparan & Pemantauan terkait Karhutla

Kapolda Jambi terlihat berbincang bersama Danrem 042/Gapu dan dua orang lainnya saat melakukan pemantauan kawasan rawan Karhutla di Jambi. Foto: Ist
Kapolda Jambi terlihat berbincang bersama Danrem 042/Gapu dan dua orang lainnya saat melakukan pemantauan kawasan rawan Karhutla di Jambi. Foto: Ist

JAMBI, AksesNews – Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono menghadiri acara paparan Karhutla dan peninjauan kawasan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lokasi Karya Bhakti via udara, bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, Jumat (18/11/2022)

Kegiatan yang dilaksanakan di Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandara lama Jambi tersebut dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, dan instansi terkait.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto menyebutkan, pada kesempatan tersebut Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono menyampaikan paparan terkait tugas pokok Satgas Karhutla Provinsi Jambi dan bagaimana operasi yang telah dilaksanakannya sejak 24 Mei sampai dengan 30 November 2022 mendatang.

“Dikatakan Danrem 042/Gapu saat ini terpantau ada 6 (enam) titik berat desa rawan Karhutla yaitu pada wilayah Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Tanjab Timur. Namun semua bisa segera diatasi dengan langkah-langkah penanganan dan pengendalian yang selalu melakukan koordinasi dengan Polda Jambi, BMKG, dan instansi terkait lainnya termasuk pihak perusahaan,” ujar Kombes Pol Mulia.

Pada kesempatan tersebut Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi memberikan sambutan dan arahan terkait operasi penangan Karhuta di Provinsi Jambi.

“Apa yang sudah dipaparkan bapak Danrem tadi dari tahapan-tahapan itu sudah baik dan banyak sekali yang dikerjakan. Memang harus ada solusi permanen dalam mengatasi Karhutla yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ucap Pangdam II/Sriwijaya.

Dikatakan lebih lanjut olehnya bahwa tujuan dari solusi permanen ini bukan hanya menimbulkan kesadaran masyarakat tidak membakar lahan saja tapi bagaimana kita juga berperan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sana.

“Mari kita lanjutkan kemudian yang terpenting adalah generasi muda harus dilibatkan dan diyakinkan bahwa mereka juga mendapat insentif bukan insentif jangka pendek tapi insentif jangka panjang, jika bisa terus menjaga dan melindungi hutan,” pesan Pangdam II/Sriwijaya.

Usai dilaksanakannya paparan, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan kawasan Karhutla dengan rute daerah PDIW – Londrang – Simpang Kilangan – Simpang Tenam – Simpang Karmeo. (Wjs/*)