Beranda Akses Over Kapasitas, Lapas Jambi Tambah Kamar Tahanan

Over Kapasitas, Lapas Jambi Tambah Kamar Tahanan

JAMBI, AksesNews – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Jambi, Yusran Sa’ad melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jambi, Farid Junaidi mengakui bahwa lapas di Jambi sampai saat ini masih over kapasitas dan perlu perhatian untuk kamar para tahanan.

“Lapas Klas II A Jambi saat ini mengalami kekurangan ruangan tahanan. Sebab napi di Lapas Klas IIA Jambi ini seharusnya hanya diisi 218 orang. Tapi ini mencapai 1400, jadi ya perlu penambahan,” kata Farid, Senin (18/11/2019).

Akibat hal tersebut, kata Farid, penambahan ruang tahan harus dilakukan. Namun penambahan itu terhambat dengan pemindahan narapidana. Selain itu, pihaknya saat ini bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Jambi melakukan pembangunan ruang tahanan tambahan.

“Iya, kita tambah beberapa. Pastinya saya lupa, tapi penambahan dilakukan,” ungkapnya.

Namun dalam proses penambahan tersebut mengalami beberapa kendala, salah satunya pemindahan narapidana. Pertama soal keamanan, kalau main pindan saja bisa ribut nanti. “Ini kendala kami,” sebutnya.

Dirinya berharap semua pihak bisa mengerti dengan kondisi ini, sehingga penambahan kamar berjalan lancar. Selain itu, ia juga berharap pembangunan lapas di Pondok Meja yang saat ini masih berbentuk tanah agar segera bisa terealisasi.

“Semoga saja segera jadi, agar disini bisa berkurang,” pungkasnya. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi