Beranda Akses Nasib Pohon-pohon di Jalanan Pasca Pemilu

Nasib Pohon-pohon di Jalanan Pasca Pemilu

JAMBI, AksesNews – Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (Himatel) Universitas Batanghari (Unbari) yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI) regional melakukan aksi peduli serentak lingkungan di daerah masing-masing yaitu Jambi, Pekanbaru dan Banda Aceh, pada Minggu (13/10) lalu.

Salah satu program Departemen Pengabdian Masyarakat Regional satu Sumatra, dengan tema “Aksi Nyata Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia untuk Menyelamatkan Paru-paru Dunia”, Kenapa kami memilih konsep ini?

Jelas beberapa bulan lalu Indonesia melaksanakan pemilu serentak sehingga banyak spanduk/banner ada dipohon-pohon. Tentunya hal ini melanggar UU tentang perlindungan pohon dan merusak keindahan dari pohon itu sendiri.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aulia Intan Pratama menyampaikan, aksi ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran agar mahasiswa dan masyarakat menjaga lingkungannya, yang sudah diamanahkan dalam Undang-undang tersebut.

“Pasal 102 ayat 2 UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang kepemiluan, bahwa pemasangan alat peraga Kampanye Pemilu oleh pelaksana Kampanye Pemilu sebagaimana dimaksud pasal ayat (1) dilaksanakan dengan mempertimbangkan etika, estetika kebersihan, dan keindahan kota,” katanya

Menurutnya, kawasan setempat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Bagi pelaku pelanggaran dapat dijerat sesuai undang-undang pemilu pemilu yang berlaku.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Univesitas Batanghari, Yuda mengatakan aksi ini adalah bentuk kepedulian agar menjaga lingkungan tetap bersih, termasuk pencabutan paku dipohon dan pemungutan sampah sekitar danau sipin.

“Semoga apa yang dilakukan teman-teman mahasiswa menjadi pukulan bagi pemerintah untuk bertindak tegas dalam menegakkan aturan,” ungkapnya.

SUMBER: patriotik.co

DRadio 104,3 FM Jambi