Beranda Akses Kunjungi Lokasi Bekas Karhutla di Jambi, Chicco Jerikho Lapor KLHK

Kunjungi Lokasi Bekas Karhutla di Jambi, Chicco Jerikho Lapor KLHK

JAMBI, AksesNews – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi pada sejumlah kawasan di Sumatera memberikan dampak cukup besar. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sebaran asap bahkan sampai negara tetangga.

BMKG menjelaskan sebaran kabut, yakni hingga Singapura dan Semenanjung Malaysia. Dari informasi laman BMKG, pada Selasa (17/09/2019), asap lintas terpantau juga dari Kalimantan Barat ke Sarawak Malaysia.

Berdasarkan citra satelit, asap terdeteksi di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Semenanjung Malaysia, Sarawak Malaysia, dan Singapura.

Penyebaran asap hingga ke negara tetangga disebabkan arah angin di Sumatera dan Kalimantan umumnya dari tenggara-selatan ke barat laut-utara. Akibatnya arah sebaran asap di Riau, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur menyebar ke arah barat laut.

Duka yang menyelimuti warga Kalhutra Sumatra akibat kebakaran hutan memang belum pulih. Rakyat Indonesia pun berduka dengan musibah kebakaran hutan di berbagai titik di Indonesia. Bekas kebakaran hutan terlihat jelas di lokasi kebakaran, salah satunya di kawasan Kota Jambi.

Hal tersebut juga dirasakan oleh pemain film Chicco Jerikho. Hal tersebut dibuktikan dengan ia turut terjun ke kawasan Kalhutra Kota Jambi. Chicho melihat langsung bekas kebakaran hutan. Selain itu, Chicco juga melakukan aksi tanam pohon untuk mengganti pohon-pohon yang terbakar.

Pohon-pohon tersebut diharapkan bisa menjadi sumber makanan satwa liar yang hidup di sekitar hutan. Chicco dan sejumlah aktivis menanam bibit pohon kelengkeng dan pohon durian. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) Republik Indonesia dan Kite Entertainment.

“Lapor @kementerianlhk Saya sudah mengunjungi lokasi bekas kebakaran hutan di Jambi…Dan saya sempat menanam tanaman kehutanan u/menambah menu makanan para satwa…,” tulis Chicco Jerikho dalam unggahan Instagramnya, Rabu (16/10/2019) lalu.

Dengan adanya kegiatan penanaman pohon, suami Putri Marino ini berharap agar kawasan hutan di Jambi tidak beralih fungsi. “Harapan saya semoga kawasan hutan di Jambi tetap lestari dan tidak beralih fungsi,” terus Chicco Jerikho.

Seperti yang diketahui, sebelumnya Chicco Jerikho bersama publik figur lainnya pernah menyuarakan tentang kebakaran Jambi di akun Instagram mereka. Chicco dan kawan-kawan meminta agar presiden Joko Widodo dan Menteri Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya untuk memberi perhatian lebih terhadap kebakaran tersebut.

Sebagai aktivis yang peduli dengan gajah, Chicco Jerikho juga menyesalkan tentang kebakaran hutan karena penanaman kebun sawit. Hal tersebut, ia lontarkan karena sawit tak bisa menjadi bahan makanan gajah. Hal tersebut ia tulis dalam Instagram Stories.

“Andaikan GAJAH bisa makan sawit…,” angan Chicco Jerikho.

Baca selengkapnya

DRadio 104,3 FM Jambi