Beranda Akses Kondisi Pengungsi Kamp Rukban Suriah Kritis

Kondisi Pengungsi Kamp Rukban Suriah Kritis

DAMASKUS, AksesNews – Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pada Rabu 17 Oktober 2018 bahwa pengungsi Suriah di dekat perbatasan Yordania mengalami kondisi yang sangat kritis.

“Situasi kemanusiaan secara keseluruhan di dalam kamp Rukban berada pada tahap kritis,” kata Pejabat Tinggi PBB di Damskus Ali Al-Za’tari, demikian The New Arab melaporkan.

PBB mengatakan, mereka akan mengadakan konvoi bantuan gabungan dengan Bulan Sabit Merah Arab Suriah untuk puluhan ribu warga Suriah yang terdampar di padang pasir dekat perbatasan Yordania.

“Konvoi akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada sekitar 50.000 wanita, anak-anak dan pria yang terdampar di kamp Rukban di Suriah tenggara, dekat perbatasan Irak dan Yordania,” Jelas Badan Dunia tersebut.

Juru Bicara Kantor Koordinasi Kemanusiaan PBB OCHA, Linda Tom mengatakan bahwa badan dunia sangat prihatin atas situasi kemanusiaan yang memburuk di Kamp.

Tentara menyatakan wilayah gurun Yordania yang membentang di timur laut ke Suriah dan timur ke Irak ditutup untuk zona militer.

Kerajaan Yordania telah mengizinkan beberapa pengiriman bantuan kemanusiaan ke daerah itu menyusul permintaan PBB, tetapi perbatasan tetap ditutup.

Lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, kamp itu menderita kekurangan makanan dan obat-obatan yang parah, ditambah dengan lokasi gurun terpencil. penutupan perbatasan Yordania dan pasukan pemerintah Suriah yang memotong semua jalan ke sana.

Pengiriman terakhir bantuan PBB ke Rukban terjadi pada Januari 2018 melalui Yordania.

SUMBER: minanews.net

DRadio 104,3 FM Jambi