Beranda Advertorial Si Juaro, Maskot Hari Kopi Internasional di Jambi Diperkenalkan

Si Juaro, Maskot Hari Kopi Internasional di Jambi Diperkenalkan

JAMBI, AksesNews – Hari Kopi Internasional 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-4 Oktober 2019, Jambi dipercaya sebagai tuan rumah dan menjadi panitia penyelenggara, yang terdiri dari gabungan pihak pemerintah Pusat dan Provinsi Jambi.

BACA JUGA: Jambi Siap Jadi Tuan Rumah Hari Kopi Sedunia Tahun 2019

Selain itu, kepanitian juga ada yang berasal dari non pemerintah, yakni komunitas kopi dan dunia usaha telah melakukan berbagai persiapan Hari Kopi Internasional 2019 tersebut. Panitia juga telah menetapkan Maskot Hari Kopi Internasional 2019, yang telah dilaunching oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto.

Maskot Hari Kopi Internasional 2019 berupa boneka yang mengenakan pakaian adat Melayu dan menggunakan Lacak Jambi (kain berbahan Batik Jambi yang digunakan oleh laki-laki, dikenakan di kepala) dilauching dalam Rapat Penetapan Maskot Hari Kopi Internasional 2019, di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (18/09/2019) pagi.

Sekda mengatakan, launching maskot berupa boneka berpakaian adat Melayu bertutupkan kepala Lacak Jambi, melambangkan kearifan lokal, yang juga dijadikan sebagai souvenir kepada para tamu yang datang dalam Hari Kopi Internasional 2019.

Dirinya berpesan agar panitia mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Hari Kopi Internasional 2019 dengan sebaik-baiknya, serta berharap agar banyak pengunjung event tersebut.

BACA JUGA: Hari Kopi Internasional, Ariansyah Himbau Masyarakat Nikmati Kopi Jambi

Sekda mengungkapkan, sangat mengharapkan dukungan dari para komunitas kopi dan dunia usaha di Provinsi Jambi, untuk bersama-sama, bersinergi dengan pemerintah dan semua panitia, menyukseskan Hari Kopi Internasional 2019 di Provinsi Jambi.

“Dari daftar udangan, kita siapkan lebih kurang 1.000 orang, dari berbagai daerah termasuk para duta besar diundang. Insya Allah kita akan memecahkan rekor Muri, dengan mengajak sekitar seribu orang untuk menikmati kopi, memecahkan rekor terbanyak minum kopi dalam waktu yang bersamaan,” kata Sekda.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah menyampaikan, Hari Kopi Internasional 2019 akan berlangsung di Ratu Convention Center (RCC). Dalam kegiatan tersebut, juga ada konten-konten lokal Jambi, yakni on farm, dan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia), yakni jumlah yang minum kopi secara serentak dalam waktu yang bersamaan.

BACA JUGA: Ariansyah: Kopi Juaro, Kedai Kopi Jambi Nian

Terkait mascot Hari Kopi Internasional 2019, Ariansyah menyatakan, penamaan “Si Juaro” menggunakan bahasa Jambi, dengan harapan kopi Jambi bisa menjadi juara (pemenang). Bukan hanya juara kompetisi, tetapi juga juara di hati masyarakat, membangkitkan semangat khususnya masyarakat Jambi untuk mengonsumsi kopi Jambi.

“Hari Kopi Internasional merupakan hari rayanya petani kopi, maka selain petani kopi, roaster dan para juga dilibatkan. Dari APBD kita menyiapkan 80 orang, kemudian dari kementerian ada 50 orang, 130 orang kita inapkan selama 4 hari di Jambi. Mereka kita latih, sekaligus kita merayakan Hari Kopi. Kita juga mengundang dari luar,” pungkasnya. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi