Beranda Akses Jam Masuk Sekolah di Kota Jambi Diperlambat, Pulangnya Dipercepat

Jam Masuk Sekolah di Kota Jambi Diperlambat, Pulangnya Dipercepat

KOTAJAMBI, AksesNews – Kepungan kabut asap tebal yang menyelimuti Kota Jambi sejak beberapa pekan terakhir, membuat Dinas Pendidikan Kota Jambi merubah jadwal masuk sekolah pada tingkatan, mulai PAUD, SD dan SMP mulai besok, Kamis (19/09/2019).

Jam masuk dan jam pulang Sekolah mengalami perubahan, hal tersebut dilakukan karena kekhawatiran gangguan kesehatan yang dialami oleh peserta didik jika harus menghirup pekatnya asap yang mengepung wilayah Kota Jambi pada pagi hari.

“Sehubungan kecenderungan kondisi udara masuk kategori tidak sehat, hingga berbahaya. Maka jam masuk sekolah diperlambat menjadi pukul 08.30 WIB dan pulang lebih awal pada pukul 13.00 WIB. Ini salah satu bentuk perhatian Pemkot Jambi kepada siswa di Kota Jambi,” kata Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar, Rabu (18/09/2019).

Menurutnya, Untuk sekolah sudah diinstruksikan melalui saluran informasi Dinas Pendidikan Kota Jambi seperti media sosial, WhatsApp Group semua kepala sekolah Negeri dan Swasta, yang kemudian diteruskan ke orangtua murid yang terkoneksi.

Meskin tidak adanya penetapan waktu berlaku surat edaran tersebut mengingat kondisi kepungan asap yang sangat mudah sekali berubah, Abu Bakar menyebutkan, sekolah tetap tidak boleh melaksanakan pembelajaran di luar ruang kelas.

“Kami telah memberitahukan perubahan jadwal ini ke sekolah-sekolah negeri dan swasta untuk memperlambat jam masuk menjadi pukul 08.30 WIB dan memulangkan lebih awal pukul 13.00 WIB, dan kepada siswa juga diminta juga untuk selalu menggunakan masker,” jelasnya.

Berdasarkan update data realtime PM2.5 tanggal 18 September 2019, pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, kategori sangat tidak sehat selama 3,5 Jam dan kondisi Berbahaya selama 4,5 jam. Data realtime pukul 22.30 WIB, parameter PM2.5 nilai 658, diatas baku mutu kategori berbahaya. (Bjs/*)