Beranda Akses Kualitas Udara Memburuk, Pemkot Jambi Liburkan Siswa Sekolah

Kualitas Udara Memburuk, Pemkot Jambi Liburkan Siswa Sekolah

JAMBI, AksesNews – Kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi sejak beberapa hari terakhir, tampaknya kian memburuk terhadap kualitas udara. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Jambi bahwa kondisi kualitas udara dalam 48 jam terakhir, berfluktuatif pada kategori tidak sehat hingga berbahaya.

Bahkan, dua hari terakhir ini asap pekat bercampur debu mulai dirasakan masyarakat Kota Jambi. Kondisi inipun membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi, mengambil kebijakan, yakni meliburkan sekolah, khususnya pada tingkat TK atau PAUD, SD dan SMP.

Hal tersebut juga berdasarkan hasil rapat koordinasi antisipasi dan penanganan dampak kabut asap di Kota Jambi, yang dipimpin langsung oleh Walikota Jambi Syarif Fasha bersama Wakil Walikota Jambi dr. Maulana, Sekda dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Jambi.

Walikota Jambi, Syarif Fasha mengatakan terkait kondisi udara yang tidak sehat akibat kabut asap, maka Pemkot Jambi melalui Disdik, menginstruksikan kepada sekolah untuk meliburkan proses belajar mengajar pada 19 Agustus 2019.

“Meski libur, saya meminta kepada guru-guru agar tetap masuk kerja seperti biasa. Untuk PAUD dan TK, kita liburkan selama 1 minggu. Sementara, untuk siswa kelas I sampai IV SD liburnya 3 hari sampai melihat kondis asap ke depannya,” kata Fasha.

Keputusan ini berlaku untuk sekolah negeri dan swasta, mulai besok Senin tanggal 19 Agustus 2019. Menurut Fasha, selama libur guru tetap memberikan tugas kepada siswanya agar siswa tetap belajar dirumah masing-masing. Diharapkan dapat belajar mandiri di rumah serta selalu menggunakan masker.

“Siswa SDN/Swasta kelas 5 dan kelas 6, libur mulai tanggal 19-23 Agustus 2019, dikurangi jam belajarnya (masuk jam 9.00 WIB, pulang jam 13.00 WIB) dan untuk Siswa SMPN/Swasta mulai tanggal 19-23 Agustus 2019, dikurangi jam belajarnya (masuk jam 08.30 WIB pulang jam 13.00 WIB),” pungkasnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi