Beranda Akses Polisi Berhasil Bekuk Kelompok SMB dan Sita Pulahan Senjata

Polisi Berhasil Bekuk Kelompok SMB dan Sita Pulahan Senjata

JAMBI, AksesNews – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi akhirnya berhasil menangkap puluhan anggota kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB). Selain itu, polisi juga mengamankan puluhan senjata rakitan dan sentata tajam dari kelompok tersebut.

Haal tersebut dibenarkan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS melalui Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnandi, Kamis (18/07/2019). Bahkan, diketahui Polisi juga berhasil membekuk Pimpinan Kelompok SMB yang bernama Muslim.

“Iya, benar pihak Polda Jambi telah menangkap kelompok SMB yang jumlahnya sebanyak 45 orang beserta pemimpinnya di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dan Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi,” ungkapnya.

Dirinnya menyebutkan bahwa Istri dari Pimpinan SMB juga turut ditangkap pihak kepolisian. Selain itu, saat ini pihak aparat kepolisian sedang menuju ke Mapolda Jambi guna penyelidikan lebih lanjut.

“Selain Pemimpin SMB, Anggota SMB, istri pemimpin SMB juga ditangkap. Malam ini juga pihak aparat kepolisian sedang dalam perjalanan menuju Polda Jambi,” jelasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, kelompok SMB bentrok dengan pemilik Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman Rakyat (IUPHHK-HTR) di Desa Belanti Jaya, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi pada 10 Juli 2019 lalu.

Tidak hanya itu, pada 14 Juli 2019, SMB juga menyasar kepada Satuan Tugas (Satgas) Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang baru memadamkan kebakaran lahan di area yang dibakar kelompok SMB.

Akibat kejadian tersebut, 2 orang personel Satgas Monitoring Karhutla Korem 042/Gapu mengalami lebam dan lecet, dan anggota SMB ini juga sempat melakukan pengancaman kepada Aparat Kepolisian. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi