Beranda Akses Napi Lapas Klas II A Jambi Ditemukan Tewas Gantung Diri

Napi Lapas Klas II A Jambi Ditemukan Tewas Gantung Diri

JAMBI, AksesNews – Seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Jambi berinisial AT (50) ditemukan tewas dalam keadaan gantung diri, di kamar mandi Mushollah, Kamis (18/07/2019).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jambi, Agus Nugroho Yusuf, mengatakan, insiden itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Saat itu, seorang warga binaan usai menjalankan ibadah shalat azhar menemukan jasad AT sudah dalam kondisi kaku tergantung di kamar mandi mushollah, yang berada di dalam Lapas Jambi.

“Saat ini, jasad napi masih dalam pemeriksaan intensif. Dari hasil pemeriksaan sementara tidak ada hal yang aneh. Tewasnya Napi itu diketahui bunuh diri di kamar mandi,” sebutnya.

Pihaknya juga sedang mendalami penyebab terpidana kasus 378 tentang penipuan tersebut tewas gantung diri, dimana dari hasil pemeriksaan sementara tidak ada kejadian aneh terhadap AT ini.

Selain itu, Agus Nugroho juga sudah menanyakan warga binaan lainnya. Apakah ada masalah, namun warga binaan menyebut kan tidak ada masalah. Ini kemungkinan ada masalah dengan keluarga korban.

“Tadi pas di tanya-tanya, orang itu tidak punya masalah, mungkin dia punya masalah pribadi yang besar sehingga bunuh diri,” kata Agus Nugroho.

Lanjutnya, ada juga tadi yang mengaku kalau korban memiliki hutang dengan rekannya sebanyak Rp 500 ribu. Namun korban menunggu anaknya, untuk bisa dibayar, tapi tak kunjung datang.

Jika hal itu yang membuat korban bunuh diri, masih dalam penyelidikan. Namun, dari informasi yang berhasil dihimpun, tewasnya Napi tersebut diduga karena depresi sehingga mengakhiri hidupnya.

Dari catatan, napi yang tewas gantung diri tersebut merupakan warga asal Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pihak Lapas juga tengah berupaya menghubungi pihak keluarga untuk memberi tahu kejadian ini.

Jasad napi tersebut saat ini sudah evaluasi ke Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi, dan selanjutnya pihak Kemenkumham Jambi menunggu pihak keluarga terkait proses pemakaman. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi