Beranda Akses Hadirkan Maestro Tari Indonesia, Program Jambi Festari Resmi Dimulai Malam Ini

Hadirkan Maestro Tari Indonesia, Program Jambi Festari Resmi Dimulai Malam Ini

JAMBI, AksesNews – Program Festival Jambi Festari secara resmi akan dimulai pada malam ini (18/06/2023) di teater arena, Taman Budaya Jambi dan menghadirkan pertunjukan dari Hartati, seorang maestro tari Indonesia.

Direktur festival Jambi Festari, Putra Agung, menuturkan, program Jambi Festari akan menghadirkan delapan koreografer dari Provinsi Sulawesi, Lampung, Kalimantan Barat, DKI Jakarta dan Jambi serta akan mementaskan karyanya di Taman Budaya Jambi.

Dituturkannya, program Jambi Festari 2023 ini merupakan kerja kolaboratif antara DianArza Arts Laboratory (DAAL), Yayasan Seni Tari Indonesia (YSTI) dengan fasilitasi kegiatan dari UPTD Taman Budaya Jambi dibawah bimbingan Disbudpar Provinsi Jambi.

“Program ini bertujuan untuk mengangkat kembali tradisi, adat, seni budaya Jambi yang sangat kaya dengan keluhuran nilai dan hadir melalui seloko, adat-istiadat, pandangan hidup, kebiasaan, kepercayaan, tarian, upacara serta diturunkan dari generasi ke generasi. Keunikan nilai tradisi, seni budaya Jambi ini akan dihadirkan dalam bentuk pertunjukan pengolahan tari berdasarkan hasil pengamatan mendalam dari koreografer luar Jambi,” ujarnya pada Minggu pagi (18/06/2023).

Secara terpisah, Kepala Taman Budaya Jambi, Eri Argawan, menyatakan sangat menyambut baik dan berharap agar melalui program ini, tradisi dan seni budaya Jambi dapat terus terangkat sekaligus menjadi ruang aktif edukasi dan diskusi karya yang berbasis kepada pelestarian serta revitalisasi tradisi seni budaya.

“Dalam kegiatan ini juga diadakan dua macam lokakarya (workshop). Pertama, lokakarya pendidikan seni yang diperuntukan bagi seluruh guru kesenian dan kedua, lokakarya penciptaan karya seni yang dikhususkan bagi para seniman, praktisi dan akademisi. Kedua lokakarya ini akan dibawakan oleh maestro dan tokoh tari Indonesia yang mumpuni dan juga berpengalaman di wilayah kesenian. Maestro tari yang kami undang juga nantinya akan menampilkan pertunjukan pembuka dalam program Jambi Festari ini,” katanya lagi.


Dari kegiatan ini diharapkan mampu menghadirkan kerja kreatif sebagai upaya untuk memproses sebuah gagasan baru atau menerapkan konsep, sistem, metode maupun teknik sebagai bagian penciptaan karya seni sekaligus upaya peningkatan kualitas kekaryaan pekerja seni pertunjukan menjadi lebih efektif, efisien, berkualitas serta memiliki relevansi sesuai dengan perkembangan zaman. (Rls/*)