Beranda Akses 2 Truk Tronton Pengangkut Kayu ‘Illegal Logging’ Diamankan Polisi

2 Truk Tronton Pengangkut Kayu ‘Illegal Logging’ Diamankan Polisi

JAMBI, AksesNews – Polisi mengamankan 2 mobil truk tronton bermuatan kayu illegal logging atau pembalakan liar di Kecamatan Tembesi dan Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Jambi, pada Senin (18/05/2020) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Diketahui, truk tronton tersebut menggunakan nomor polisi BK 8561 CN berwarna merah, sedangkan truk tronton berwarna putih menggunakan nomor polisi BK9903 FN. Seluruh truk, bagian bak kayunya di bungkus rapi dengan terpal.

Terkait hal tersebut, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi, mengatakan, setelah menerima informasi bahwa ada mobil truk yang mengangkut kayu ilegal dari Kabupaten Batanghari.

Angkut Kayu Ilegal dari Batanghari, 2 Truk Tronton Dibawa ke Mapolda Jambi

Pihaknya menangkap, memeriksa dokumennya, dan kemudian langsung diamankan ke Mapolda Jambi.

“Ditreskrimsus Polda Jambi menyusul dan bergerak cepat menuju Mersam, dan berkoordinasi dengan anggota piket di Polsek Mersam untuk memberhentikan mobil dimaksud, yang kemudian untuk diperiksa,” jelas Kombes Pol Edi Faryadi, Senin (18/05/2020) sore.

Setelah dilakukan pemeriksaan tahap awal di Polsek Mersam, selanjutnya tim Ditreskrimsus Polda Jambi membawa sopir dan mobil yang mengangkut kayu menuju Polda Jambi, untuk proses lebih lanjut.

Diketahui, dua orang pengemudi mobil truk ini berinsial JP dan S. Saat ditanya bahwa kayu yang diangkut tersebut jenis rimba campuran berbentuk Log (bulat), dengan jumlah kubikasi lebih kurang 46 meter kubik, sedangkan asal kayu dari hutan di Provinsi Jambi atas nama S, yang ada dalam dokumen kayu terlampir.

Dalam hal ini kedua sopir akan dikenakan pasal 88 ayat 1 a Undang-undang RI Nomor 18 tahun 2013, tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

“Dan saat ini untuk barang bukti kita amankan,” pungkas Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi. (Bob/ANI/Alpin)