Beranda Akses Bazar Ekonomi Kreatif di Mahligai dari Para Perempuan Jambi

Bazar Ekonomi Kreatif di Mahligai dari Para Perempuan Jambi

JAMBI, AksesNews – Bazar ekonomi kreatif berlangsung di Mahligai Bank Jambi, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (18/03/2022). Para pelaku UMKM menyajikan produk unggulannya dalam kegiatan itu.

Berbagai bentuk usaha terlihat di sana. Ada kerajinan batik, anyaman, cemilan berbahan pokok buah nanas, cemilan berbahan kelapa, kue, dan sebagainya.

Menariknya, di lokasi tersebut ada kerajinan anyaman pandan dari d’morory. Produk anyaman itu menggunakan pewarna alami, serta mengadopsi unsur kebudayaan lokal.

Produk teh bunga talang juga tersaji di Mahligai Bank Jambi. Dari keterangan pelaku usahanya, ia menanam bunga telang di halaman rumah. Bunga itulah yang diolah menjadi teh yang airnya berwarna biru.

Ketua Asosiasi UMKM Naik Kelas Provinsi Jambi, Rice Yogina menyampaikan pameran ini dikhususkan untuk women enterpreneur. Ada sekitar 100 tenan di sana.

“Ini khusus momen pameran produk women enterpreneur. Kebetulan UMKM di Jambi didominasi oleh perempuan,” ujarnya, Jumat (18/03/2022).

Pameran ini, kata Gina, mempertemukan pelaku UMKM dengan pihak perusahaan nasional, hingga internasional. Diharapkan terjadi transaksi besar dalam pemeran ini.

“Misalnya, pemesanan seragam dengan jumlah yang besar, pengadaan makanan untuk di kantor, dan sebagainya. Pelaku UMKM bersalah dari se-Provinsi Jambi, dari kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hesnidar Haris mengatakan para pelaku ini siap menaik kelas, dan bercita-cita go global.

“Hari ini dan selanjutnya UMKM di Jambi semakin luar biasa. Dengan semangatnya, UMKM naik kelas terwujud,” katanya.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada pihak BUMN, BUMD, dan lainnya yang turut terlibat dalam kegiatan itu. Kegiatan, kata istri Gubernur Jambi itu, membuktikan kaum perempuan yang luar biasa.

“Ini energinya akan menular ke berbagai penjuru,” pungkasnya.

Dalam bazar tersebut, Para perempuan pelaku ekonomi kreatif menyajikan produk unggulannya di Mahligai Bank 9 Jambi. Berbagai bentuk usaha terlihat di sana. Pameran ini dikhususkan untuk women enterpreneur. Memang sebagai besar pelaku UMKM di Jambi adalah perempuan. (Sob/*)