Beranda Akses Perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur Masuk Akreditasi Nasional

Perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur Masuk Akreditasi Nasional

TANJABTIM, AksesJambi.com – Juara 1 lomba perpustakaan tingkat SMP/MTS tahun 2019 se-Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) berhasil diraih oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 12 Tanjab Timur.

Keberhasilan meraih juara itu, ternyata mengantarkan SMP Negeri 12 Tanjab Timur untuk meraih akreditasi perpustakaan nasional.

Akreditasi diberikan pada bulan Maret tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan Pustaka Nasional Jakarta.

Terdapat 4 poin besar yang menjadi target akreditasi, yaitu pengadaan bahan pustaka, pengelolaan, pelayanan, fasilitas, serta keunikan atau kekhasan.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjab Timur, Junaedi Rahmad memberikan apresiasi kepada SMPN 12 Tanjab Timur, serta berharap dengan adanya akreditasi, budaya baca warga SMP ini dapat meningkatkan.

“Saya apresiasi keberhasilan perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur ini, saya berharap sekolah lain juga meniru apa yang dilakukan sekolah ini,” ujarnya, Kamis (18/03/201).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 12 Tanjab Timur, Anita Sriyuanti, mengatakan dalam lomba perpustakaan tahun 2019 tim penilai melihat dari beberapa aspek, termasuk fasilitas, koleksi buku, manajemen hingga program-program kegiatan apa yang mendukung kegiatan literasi.

Ia pun mengatakan SMPN 12 Tanjab Timur selalu ikut lomba perpustakaan, sehingga membawanya ke akreditasi nasional.

“SMPN 12 Tanjab Timur selalu mengikuti lomba perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dan alhamdulilah berhasil menjadi juara 1,” katanya.

Perpustakaan Selalu Diperhatikan

Sekolah ini ternyata setiap tahunnya menganggarkan 20 sampai 25 persen dari total dana BOS untuk membeli buku-buku dan sarana prasarana yang dibutuhkan perpustakaan.

Perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur bahakan juga mendapatkan hibah dana dari berbagai pihak, seperti alumni, komite sekolah, Dinas Pendidikan dan instansi lain.

Sumbangan tersebut digunakan untuk membangun outdoor library, bangku baca di bawah pohon, kipas angin dan tanaman pelindung.

Program Ojek Baca

Keunikan yang dimiliki perpustakaan SMPN 12 Tanjab Timur adalah “Oca” yaitu Ojek Baca. Ojek Baca ini diadakan, karena lokasi halaman sekolah yang sangat luas yakni dua hektar.

Luasnya halaman sekolah, kata Anita membuat siswa bisa membaca buku di tempat yang diinginkan.

“Jika tidak sempat ke perpustakaan pada saat istirahat, mereka dapat duduk di bawah pohon sambil menunggu Ojek Baca lewat untuk meminjam buku. Ternyata Oca ini efektif untuk dapat mendekatkan buku ke siswa dan meningkatkan minat baca,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi