Beranda Akses Pengabdian Terakhir Faiz Syah, Pahlawan Kebakaran yang Gugur saat Bertugas

Pengabdian Terakhir Faiz Syah, Pahlawan Kebakaran yang Gugur saat Bertugas

JAMBI, AksesNews – Amukan si jago merah dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, Kamis (18/02/2021), yang terjadi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi, Tanjung Jabung (Tanjab) Barat menghanguskan sebanyak 11 rumah dan kios pedagang milik warga.

Dalam kejadian tersebut, warga dan petugas gabungan baik dari TNI, Polri dan Damkar turun langsung melakukan pemadaman api yang lebih kurang tiga jam meratakan pemukiman masyarakat setempat.

Salah satu aksi heroik yang dilakukan tim regu pemadam yang beranggotakan 7 orang dari Distrik 1 PT. Wira Karya Sakti (WKS), di antaranya Faiz Syah yang berusia 51 tahun harus meregang nyawa akibat sesak nafas yang disebabkan oleh kepulan asap tebal.

Humas PT. WKS Tanjab Barat, Taufik, menjelaskan bahwa sosok Faiz Syah memang berada diposisi depan saat melakukan pemadaman kebakaran dan sering bergabung dengan Satgas Karhutla Tanjab Barat.

“Beliau (Faiz Syah, red) pada saat itu berada diposisi depan menerobos kobaran api dan kepulan asap, tapi setelah itu lebih kurang satu jam beliau keluar memanggil petugas sambil memegang dada dan langsung dirujuk ke Puskesmas Purwodadi,” kata Taufik, Kamis (18/02/2021).

Kebakaran Rumah di Tebing Tinggi, Satu Orang Petugas Tewas

Taufik menerangkan bahwa, Faiz Syah telah bergabung di tim regu pemadam kebakaran sejak tahun 2015, dan tidak ada bawaan penyakit lain apalagi sesak nafas.

“Dari tahun 2015, beliau bergabung ditegu tim pemadam kebakaran ini, sudah mendapatkan sertifikasi ahli dari Manggala Agni. Selama ini, kondisi fisiknya sehat-sehat saja tidak ada penyakit bawaan,” ungkapnya.

Kini, pahlawan yang lahir di Jambi pada 12 Januari 1969 tersebut telah di kebumikan di Kelurahan Pakuan Baru, The Hok, Kota Jambi tempat asalnya. Almarhum meninggalkan dua orang anak dan seorang istri. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi