Beranda Akses 2 Bulan Belum Dibayar, Dana Sertifikasi Guru di Batanghari Dialihkan

2 Bulan Belum Dibayar, Dana Sertifikasi Guru di Batanghari Dialihkan

BATANGHARI, AksesJambi.com – Komisi I DPRD Kabupaten Batanghari menggelar hearing yang diajukan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Batanghari, Senin (18/01/2021).

Selain dihadiri perwakilan PGRI, dalam mediasi tersebut, mewakili pemerintah Batanghari, hadir Kepala Bakeuda, Kepala Dinas PDK dan Kepala BPKSDM Batanghari.

Mewakili para guru di Kabupaten Batanghari, PGRI meminta agar tunjangan profesi guru (TPG) atau dana sertifikasi bulan Oktober dan November tahun 2020 segera dibayarkan.

Sebab dana tersebut, sudah ditransfer pemerintah pusat ke kas daerah pada bulan November 2020 lalu.

Ketua PGRI Batanghari, Dra Jamilah mengatakan, mereka sudah sudah mengetahui dari surat edaran dinas PDK bahwa dana sertifikasi itu sudah ditransfer oleh kementerian ke kas daerah.

“Sehingga teman profesi meminta kepada organisasi PGRI untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Dan hari ini DPRD memfasilitasi untuk melakukan rapat dengan OPD terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Batanghari, Patoni SE mengatakan, dirinya bersama rekan-rekan sudah mendengar permasalahan yang terjadi. Dan berdasarkan pengakuan Pemkab Batanghari, bahwa dana sertifikasi tersebut dialihkan untuk membayar hal lain.

“Jika ditotalkan selama dua bulan, dana tersebut jumlahnya diatas Rp 8 Miliar. dan pemkab mengatakan akan mengganti uang sertifikasi dengan menggunakan dana DBH,” bebernya.

Sebagai perwakilan rakyat Batanghari, Patoni bersama anggota dewan lainnya meminta agar uang tunjangan ini dibayarkan paling lambat pada 15 Februari mendatang.

“Namun jika mereka ingin membayar dengan menggunakan DBH, tentunya ada mekanisme untuk mencairkannya. Kita meminta OPD terkait menjelaskan kemana saja uang tersebut dialihkan,” sambungnya.

Dilain tempat, kepala dinas PDK Batanghari, Agung Wihadi tak berkomentar banyak. Ia hanya mengatakan bahwa dana sertifikasi guru itu akan segera dibayarkan dalam waktu dekat.

“Secepatnya akan dibayarkan,” singkatnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi