Penting! Ini Tips Merawat Rem Sepeda Motor

Mekanik di bengkel resmi sepeda motor Honda AHASS sedang melakukan perawatan rem sepeda motor, Sabtu (17/12/2022). Foto: dok. Sisen
Mekanik di bengkel resmi sepeda motor Honda AHASS sedang melakukan perawatan rem sepeda motor, Sabtu (17/12/2022). Foto: dok. Sisen

JAMBI, AksesNews – Tidak dapat dipungkiri bahwa rem adalah salah satu faktor penting dalam keselamatan berkendara. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang digunakan, sehingga dapat mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Kepada media ini, Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen), Erfinando mengatakan, sistem rem sangat perlu diberikan perhatian extra dan perlu dilakukan perawatan, khususnya rem cakram.

“Dalam menghadapi hal tersebut, di sini kami akan memberikan tips yang harus diperhatikan oleh pengendara terhadap sistem rem agar sepeda motor lebih nyaman saat digunakan,” ujar Erfinando, dalam keterangan tertulis pada Sabtu, (17/12/2022).

Berikut tips perawatan rem sepeda motor:

  1. lakukan pembersihan pada sistem rem, terutama kampas rem jika sepeda motor digunakan untuk melintasi hujan atau jalanan yang digenangi air maupun lumpur. Hal ini disebabkan kampas rem sangat rawan kotor dan jika tidak dibersihkan dapat mengganggu efektifitas kinerjanya.
  2. Hindari selalu menggunakan rem secara mendadak, sebab selain berbahaya hal ini juga dapat membuat kampas rem lebih cepat rusak dan mengurangi usia pakainya.
  3. Pastikan ketebalan kampas rem selalu berada dalam keadaan baik.
  4. Selalu pastikan kualitas minyak rem. Minyak rem berfungsi sebagai pendorong kaliper piston pada sistem rem hydraulic, oleh karena itu minyak rem perlu diperhatikan dan dilakukan pergantian sesuai rekomendasi pabrikan.
  5. Untuk sistem rem yang menggunakan teknologi ABS, pengendara perlu memperhatikan sensor ABS dan piringan cakram yang terdapat di bagian yang terdeteksi sensor.
  6. Selalu perhatikan dan bersihkan tromol secara berkala, untuk menghindari kotoran yang dapat mengurangi cengkaraman rem dan dapat menimbulkan suara yang tidak nyaman.

“Tak lupa juga kami selalu mengingatkan para pengendara motor untuk selalu memperhatikan kondisi rem pada sepeda motornya, karena kondisi rem yang terawat dapat membuat sepeda motor selalu nyaman saat digunakan,” tambah Erfinando.

Untuk pelanggan seti Honda, selalu lakukan perawatan sepeda motor hanya di bengkel resmi sepeda motor Honda AHASS, karena AHASS memberikan garansi service dan sparepart asli dengan kualitas terbaik, sehingga awet dan membuat motor selalu aman dan nyaman saat dikendarai.

“Ingat! Selalu lakukan service teratur hanya di AHASS, dan selalu gunakan sparepart asli Honda” tutup Erfinando. (Wjs/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here