Beranda Akses Tebo Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda II dari Kemenkes

Tebo Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda II dari Kemenkes

TEBO, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten Tebo kembali menerima Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda II setelah sebelumnya menerima penghargaan serupa untuk Kategori Padapa dan Wiwerda pada Tahun 2017 dan 2019.

Penghargaan tersebut diterima secara virtual oleh Bupati Tebo, Sukandar didampingi Wakil Bupati Syahlan SH. Ketua FKKS Tebo Subirman, Kepala Bappeda dan Litbang Hendri Nora, Kadinkes dan KB dr. Riana Elizabeth serta sejumlah Kepala OPD.

Tebo menjadi satu satunya Kabupaten/ Kota di Provinsi Jambi yang lolos verifikasi dari Empat Kabupaten/ Kota lainnya yang mengajukan. Selain lolos, Tebo juga berhasil meraih Predikat Swasti Saba Wiwerda II yang merupakan satu tingkat di atas Predikat Swasti Saba Wiwerda I.

Dalam penyerahan yang berlangsung Rabu (17/11/2021) pagi tersebut Bupati Sukandar menyampaikan dihadapan Wamen Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono bahwa Kabupaten Tebo telah melakukan sinergitas dari berbagai pihak untuk mewujudkan Tebo sebagai Kabupaten/ Kota Sehat.

“Kami telah melakukan berbagai upaya dengan mengaplikasikan sejumlah program dari berbagai instansi untuk membantu mewujudkan Tebo sebagai Kabupaten/ Kota Sehat. Itu dapat kami buktikan dengan penghargaan yang kami terima sebelumnya,” terang Bupati.

Penghargaan yang diterima tahun ini, menurut Bupati Sukandar merupakan kerja keras dari berbagai pihak khususnya Forum KKS Tebo yang menjadi fasilitator penilaian oleh Tim dari Kemenkes dan Kemendagri RI.

Di kesempatan sama, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI drg. Kartini Rustandi menyampaikan secara virtual bahwa proses verifikasi yang telah dilewati merupakan proses yang dilaksanakan dengan teliti. Baik itu dari verifikasi administrasi maupun verifikasi lapangan.

“Saya berharap, hasil yang diterima hari ini akan memotivasi Kabupaten/ Kota untuk bersama mewujudkan hidup bersih dan sehat. Sehingga, penghargaan ini benar-benar menggambarkan situasi sebenarnya yang dapat mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya.

Daerah yang menerima Penghargaan KKS ini berjumlah 35 kabupaten/kota yang terdiri dari Penghargaan Swasti Saba Padapa, Wiwerda dan Wistara. (Pmt/*)

DRadio 104,3 FM Jambi