Beranda Akses Jambi Butuh 2,2 Juta Vaksin Covid-19, Dinkes: 22.022 Nakes Jadi Prioritas

Jambi Butuh 2,2 Juta Vaksin Covid-19, Dinkes: 22.022 Nakes Jadi Prioritas

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: ist
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: ist

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menyiapkan sejumlah langkah vaksinasi Covid-19, termasuk soal data, prioritas, tahapan dan petugas vaksinasi Covid-19 itu sendiri.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Provinsi Jambi, Raflizar mengatakan, sebanyak 2,2 juta dari 3,5 juta jiwa total penduduk Provinsi Jambi membutuhkan vaksinasi Covid-19. 

Para penduduk tersebut, terdiri dari Tenaga Kesehatan (Nakes), Aparat Keamanan, para Guru, Dosen, Pegawai Pelayanan Publik dan masyarakat lainnya.

“Sebanyak 22.022 Nakes akan menjadi prioritas yang mendapatkan vaksi Covid-19 paling awal. Ini berkaitan dengan tugas mereka sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan vaksinasi massal,” kata Raflizar, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, Nakes yang akan mendapat vaksin Covid-19 itu diutamakan dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang bertugas di rumah sakit rujukan Covid-19 dan di Puskesmas yang tersebar di wilayah kabupaten/kota di Jambi.

Meski demikian, pihaknya belum mendapat kepastian mengenai distribusi vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat untuk Jambi. Namun, Dinkes Provinsi Jambi telah melakukan pendataan mengenai sasaran vaksinasi Covid-19 di Jambi. 

“Kita sudah menerima surat pemberitahuan dari Kementerian Kesehatan, yang meminta agar kita melakukan persiapan awal vaksinasi, khususnya penyiapan data penerima vaksin dan petugas vaksinasi,” ungkapnya.

Jika vaksin Covid-19 nanti telah sampai di Jambi, Dinkes Provinsi Jambi bisa langsung melakukan vaksinasi kepada sekitar 22.022 orang nakes dan mudah-mudahan terealisasi pada tahap pertama Desember mendatang. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi