Beranda Akses Di Jambi, Seekor Sapi Susui Anak Babi yang Ditinggal Mati Induknya

Di Jambi, Seekor Sapi Susui Anak Babi yang Ditinggal Mati Induknya

JAMBI, AksesNews – Seekor induk sapi menyusui dan mengasuh anak babi sejak beberapa bulan lalu. Peristiwa tersebut terjadi di Desa Petaling, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Pemilik sapi betina berbobot hampir 200 kilogram yang merawat anak babi itu adalah Samadi, warga Desa Petaling. Lelaki paruh baya yang beternak sapi kecil-kecilan itu, mulanya sempat khawatir tanamannya akan dimakan babi yang dirawat induk sapi miliknya.

”Awalnya, anak babi itu ada dua. Saya tembak satu, mati. Yang hidup sekarang sudah ditembak tiga kali, enggak mati-mati,” kata Samadi.

Saat ini umur anak babi yang dirawat induk sapi milik Samadi sudah enam bulan. Muncul rasa kasihan Samadi terhadap babi itu, hingga dia membiarkan induk sapinya terus merawat anak babi tersebut.

Dituturkan Samadi, sapinya terlihat senang dengan keberadaan anak babi di sisinya. Mereka senantiasa bermain bersama. Induk sapi pun tampak senang menyusui anak angkatnya berbeda jenis itu.

”Kalau tidur, anak babinya berada di bawah sapi. Sapi itu mau menyusui. Padahal, ada enam sapi saya. Tapi, anak babi itu maunya ikut induk sapi,” kata Samadi.

Menurutnya, perjumpaan kedua hewan beda jenis ini berawal dari induk sapi yang tampak murung karena kehilangan anaknya. Sementara anak babi kehilangan induknya karena mati ditembak tetangga Samadi di pinggir kebun miliknya.

Ketika induk sapi dan anak babi itu bertemu, keduanya langsung saling menyayangi. Induk sapi yang sempat tidak mau makan kini menjadi rajin makan dan bergerak.

Hubungan antara induk sapi dan anak babi itu sudah sangat erat. Terbukti, saat ada anjing yang menggangu anak babi, induk sapi langsung marah dan mengejar anjing.

“Kalau ada anjing yang mengganggu anak babi itu, induk sapi marah. Dia bela. Anjing itu habis dikejar-kejar,” tambah Samadi.

Baca selengkapnya, di Kompas.com

DRadio 104,3 FM Jambi