Beranda Akses Gunung Kerinci Keluarkan Asap Tebal Pagi Ini

[Video] Gunung Kerinci Keluarkan Asap Tebal Pagi Ini

JAMBI, AksesNews – Erupsi Gunung Kerinci di Provinsi Jambi, kembali terjadi pada sekitar pukul 05.30 WIB, Sabtu (17/10/2020) pagi ini, dengan mengeluarkan asap tebal berwarna hitam.

Berdasarkan pantauan di daerah Kayu Aro, Kerinci, pada pukul 07.30 WIB, terlihat puncak Gunung Kerinci mengeluarkan asap namun sudah mulai menipis atau tidak seperti beberapa jam lalu yang berwarna hitam pekat.

Seorang warga setempat, Heri (32) mengatakan, kejadiannya pagi tadi sekitar pukul 05.30 WIB, tampak asap hitam yang dikeluarkan Gunung Kerinci sangat pekat. Namun, saat ini tidak lagi setebal beberapa jam lalu.

“Kepulan asap saat ini terlihat menipis dan tingginya juga telah berkurang karena sudah tertiup angin. Asap hitam yang keluar juga berlangsung tidak terlalu lama, kemudian keluar asap putih,” sebutnya.

Sementara itu, Petugas Pos Lapor Gunung Kerinci, Danuri, juga membenarkan adanya asap tersebut. Namun saat ini kondisinya sudah normal, dan tak mengganggu aktivitas warga sekitar.

“Iya tadi pagi, asap tebal dari gunungnya. Sekarang sudah normal lagi, aman, tidak mengganggu aktivitas asapnya pun sudah normal terlihat putih,” ungkapnya.

Meski demikian, masyarakat yang beraktivitas di sekitar gunung diimbau tidak mendaki kawah aktif yang ada di puncak dalam radius 3 Km.

Berdasarkan informasi dari Magma Indonesia, Gunung Kerinci saat ini ada pada status level II alias Waspada. Dalam laporan tersebut dikatakan ada aktivitas asap kawah bertekanan lemah yang teramati setinggi 50 hingga 200 meter di atas puncak kawah. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi