Beranda Akses PT Datascrip Gandeng LKPP Sosialisasikan Pengadaan dengan Metode yang Tepat

PT Datascrip Gandeng LKPP Sosialisasikan Pengadaan dengan Metode yang Tepat

FOTO: Andi Atina (Account Manager PT Datascrip)
FOTO: Andi Atina (Account Manager PT Datascrip)

KOTAJAMBI, AksesJambi.com – Pengadaan barang atau jasa pemerintah, kini telah menjadi bagian penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan publik, serta perekonomian nasional maupun daerah.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018 mengenai pengadaan barang atau jasa pemerintah, kini sistem pengadaan dianggap sebagai trend yang mudah, cepat, aman, serta transparan.
Adapun Perpres tersebut memuat 5 metode pemilihan penyedia barang atau pekerjaan konstruksi atau Jasa Lainnya, yakni E-purchasing, Pengadaan Langsung, Penunjukan Langsung, Tender Cepat, dan Tender.

“Seperti yang kita ketahui, kalau baca perpres terbaru, tentu prosedur dari tiap-tiap metode pengadaan itu berbeda-beda,” kata Branch Manager PT Datascrip KPC Jambi Azharie Wibowo, Jumat (07/09/2018) lalu.

Azharie sendiri mengatakan bahwa sebagai perusahaan distributor yang turut mendukung peningkatan pelayanan publik di sektor pemerintahan maupun swasta, PT Datascrip juga akan turut andil dalam mengedukasi soal perpres tersebut. Menurutnya, hal ini penting dilakukan supaya isi dan maksud dari Perpres tersebut sampai ke seluruh kalangan pemerintahan.

“Ditanggal 27 September ini, kita akan mengadakan sosialisasi mengenai Perpres terbaru, dimana nara sumbernya akan kita datangkan langsung dari pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan barang atau jasa Pemerintah (LKPP),” paparnya.

Selain itu, Azharie juga sedikit membeberkan jika metode E-purchasing, merupakan salah satu metode yang terbilang aman dan prosesnya pun bisa terpantau langsung oleh LKPP. Hanya saja mengenai penggunaan dan tata caranya masih belum merata.

“Karenanya kita akan lakukan sosialisasi oleh LKPP langsung. Selain ada edukasi, nanti peserta juga bisa berdiskusi langsung. Nanti berbagai metode pengadaan semua akan dibeberkan secara jelas,” lanjutnya.

Rencananya, PT Datascrip akan melakukan sosialisasi tersebut dengan melibatkan seluruh perangkat pemerintah baik Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/Institusi (K/L/D/I) se Provinsi Jambi. Untuk mempermudah seluruh K/L/D/I dalam belanja secara e-purchasing.

PT Datascrip pun turut hadir sebagai salah satu penyedia di e-katalog. “PT Datascrip ada di e-katalog untuk kategori online shop perkakas. Silahkan dicek saja melalui website e-katalog,” ujar salah seorang Account Manager PT Datascrip, Andi Atina.

“Sebagian besar produk kita produksi sendiri. Kalaupun tidak, kita tayangkan produk dengan kualitas dan brand terbaik,” lanjutnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi