Al Haris Ikuti Apel Kehormatan & Renungan Suci di TMP Satria Bakti

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris, S.Sos., MH menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makan Pahlawan (TMP) Satria Bakti Kota Jambi, Kamis (17/08/2023) dini hari.
Acara apel ini dimulai tepat pada pukul 00:00 WIB 17 Agustus 2023. Kegiatan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Selain Gubernur Al Haris, turut hadir dalam apel tersebut Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu, Forkopimda Provinsi Jambi dan para tamu undangan lainnya.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut dipimpin oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Jambi, Inspektur Jenderal Polisi Drs. H. Rusdi Hartono,M.Si selaku inspektur upacara. Apel sekaligus bertujuan mengenang arwah serta jasa para pahlawan.

Upacara yang digelar selama 15 menit ini berlangsung khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci oleh Inspektur Upacara.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, pembacaan Doa untuk arwah para pahlawan dan ditutup dengan penghormatan terakhir.

Irjen Pol. Rusdi Hartono dalam laporannya menyampaikan, upacara tersebut untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan angkatan bersenjata 388 orang, pejuang rakyat 74 orang, pahlawan tak dikenal 54 orang, Polri 47 orang dan sipil 5 orang.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan dan kemerdekaan Republik Indonesia. Demi kebahagiaan negara dan bangsa kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami, juga kami berdo’a semoga arwah saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” kata Irjen Pol. Rusdi.

(Waaly Arizona/Foto : Agus Supriyanto/Video : Ardi. S, Erict Sutriedi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here