Beranda Akses Pemkot Jambi Turunkan Harga Tes PCR dari Rp 600 Ribu Jadi Rp...

Pemkot Jambi Turunkan Harga Tes PCR dari Rp 600 Ribu Jadi Rp 500 Ribu

KOTAJAMBI, AksesNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menurunkan harga polymerase chain reaction (PCR), sesuai instruksi dari Presiden RI Joko Widodo.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, menyampaikan dirinya sudah menginstruksikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Jambi untuk menurunkan tarif PCR, dari senilai Rp 600.000 menjadi Rp 500.000.

Ia pun mengatakan memang tarif tes PCR bisa lebih murah, seperti di India. Namun, harga reagen (komponen tes PCR) dan bahan lainnya memiliki harga mahal dari distributor di Indonesia.

“Kami pernah beli di Singapura, di Singapura Reagen dan BHP hanya Rp 200-Rp 250 ribu untuk sekali sampel,” katanya, Selasa (17/08/2021)

Pemkot Jambi, kata Fasha, pernah berkonsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), untuk memutuskan pemerintah belanja langsung ke Singapura.

“Ternyata pemerintah tidak bisa langsung beli di negera lain, tetapi harus melalui distributor di Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, menteri keuangan bisa menurunkan pajak komponen tes PCR, sehingga harganya bisa lebih murah.

“Ini sudah kami sampaikan kepada bapak Menteri juga untuk disampaikan ke bapak presiden, bagaimana bisa menurunkan reagen dan bahas habis pakai (BHP) lainnya untuk menunjang PCR ini,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi