Beranda Akses Fachrori Umar Berpotensi ‘Single Fighter’ hingga 2021

Fachrori Umar Berpotensi ‘Single Fighter’ hingga 2021

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi Fachrori Umar terancam akan memimpin Jambi sendirian sampai akhir masa jabatannya selesai hingga 2021. Fachrori berpotensi menjadi pemimpin tunggal atau single fighter, sebab tidak adanya perpanjangan waktu untuk pengajuan nama calon Wakil Gubernur Jambi.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Wakil Gubernur Jambi, Nasri Umar mengatakan, bahwa sampai tadi malam pukul 24.00 WIB, Selasa (16/07/2019), seperti yang sudah ditentukan, tidak ada nama yang masuk ke Pansel dan sudah ditutup untuk pengajuan nama calon Wakil Gubernur Jambi.

Dengan demikian, Gubernur Jambi Fachrori Umar akan menjalankan roda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi tanpa wakil hingga akhir periode jabatannya. “Tak ada perpanjangan waktu untuk pengajuan nama calon Wakil Gubernur Jambi sisa masa jabatan 2016-2021,” kata Nasri Umar, Rabu (17/07/2019).

Sebelumnya, Pansel sudah memberikan perpanjangan waktu selama 2 Minggu kepada Partai Koalisi Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2016- 2021. Namun, sampai batas waktu yang diberikan tidak satupun nama yang diajukan.

Jadwal itu, kata Nasri Umar bukan Pansel yang membuat. Tetapi jadwal penentuan pengajuan nama Wakil Gubernur Jambi dibuat oleh Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dan Badan Musyawarah.

“Jangan ada perkembangan seolah-olah Pansel yang membuat jadwal ini dan jadwal itu, sudah kita beri kepada partai pengusung,” jelasnya.

Selain itu, Nasri Umar juga menjelaskan bahwa memang ada partai pengusung yang meminta penundaan minimal 1 hari, namun Pansel tidak memiliki dasar hukum untuk memberikan waktu penundaan tersebut.

“Memang ada yang minta penundaan, tapi dasar hukumnya apa. Tidak mungkin dengan ucapan saja nanti saya dituntut orang dan sampai saat ini tidak ada Wakil Gubernur Jambi sisa jabatan 2016-2021,” pungkasnya. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi