Beranda Akses Pemkab Pandeglang dan Tanoto Foundation Resmikan Rumah Anak SIGAP

Pemkab Pandeglang dan Tanoto Foundation Resmikan Rumah Anak SIGAP

JAVA, AksesNews – Sebagai upaya meningkatkan kualitas pengasuhan bagi anak usia 0-3 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. H. Taufik Hidayat, M.Si, dan Head of Early Childhood Education and Development (ECED) Tanoto Foundation, Eddy Henry, meresmikan pusat layanan pengasuhan dan pembelajaran dini untuk anak usia 0-3 tahun di Kabupaten Pandeglang, yang dikenal dengan nama Rumah Anak SIGAP.

Dalam sambutan Bupati Pandeglang, Hj. Irna Narulita, S.E.,M.M. yang disampaikan oleh Taufik Hidayat, disebutkan, “Pemerintah Kabupaten Pandeglang memiliki misi untuk memajukan sumber daya manusia di Kabupaten Pandeglang yang harus dimulai sejak anak usia dini. Untuk mewujudkan misi ini pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak, dalam kesempatan ini dengan Tanoto Foundation yang sudah banyak menjalankan program-program pengembangan anak usia dini, termasuk penanganan stunting dan Rumah Anak SIGAP di Kabupaten Pandeglang.”

Periode sejak anak berada dalam kandungan hingga mencapai usia tiga tahun merupakan masa terpenting bagi pembentukan kondisi kesehatan, kesejahteraan, pembelajaran, dan produktivitas hidup anak. Eddy Henry menyebutkan, “Upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melakukan pengasuhan anak usia dini yang positif dan responsif, serta yang memberikan stimulasi cukup bagi anak usia 0 hingga 3 tahun akan membantu meningkatkan perkembangan anak secara optimal.

Hal tersebut dapat membawa dampak pada kecerdasan anak dan kemampuannya bekerja saat berada di usia produktif, yang pada akhirnya dapat berpengaruh pada kondisi perekonomian nasional.

Acara peresmian Rumah Anak SIGAP ini dilakukan pada hari Kamis, 17 Juni 2021, di Desa Palurahan, dan menandai dimulainya secara serentak layanan di sembilan lokasi Rumah Anak SIGAP di Kabupaten Pandeglang, yang diperuntukkan bagi orang tua dengan anak usia 0-3 tahun.

Kesembilan lokasi tersebut adalah Desa Palurahan, Desa Campaka, Desa Sukasari, Desa Tegalongok, Desa Paniis, Desa Pasirjaksa, Desa Saketi, Desa Kadudampit, dan Desa Mekarwangi.

“Layanan Rumah Anak SIGAP didukung oleh para fasilitator yang sudah dibekali keterampilan untuk memfasilitasi orangtua yang memiliki anak usia 0-3 tahun agar pola pengasuhan yang diterapkan dapat mendorong perkembangan motorik, linguistik, kognitif, dan sosio-emosional anak secara optimal,” tambah Eddy Henry.

Dengan adanya satuan layanan di sembilan lokasi ini, diharapkan tersedianya akses layanan yang lebih dekat dan mudah bagi orang tua ataupun calon orang tua untuk berkonsultasi selama masa kehamilan, serta mendapatkan sejumlah layanan lain seperti pengukuran tinggi dan berat badan, imunisasi, stimulasi perkembangan anak usia 0-3, dan bermain bersama.

“Kami berterima kasih untuk kerja sama yang sudah terjalin dengan baik. Semoga fasilitas dan layanan yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Pandeglang demi generasi masa depan yang lebih berkualitas,” pesan Irna Narulita menutup sambutannya. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi