Beranda Akses Pemkab Tanjabbar Pastikan Buka Penerimaan CPNS 2019

Pemkab Tanjabbar Pastikan Buka Penerimaan CPNS 2019

TANJABBAR, AksesNews – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Encep Jarkasih memastikan kembali akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2019 ini.

Selain penerimaan CPNS, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) juga akan kembali melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sesuai dengan surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Penerimaan CPNS tahun ini, akan berbeda dari yang sebelumnya. Untuk penerimaan tahun ini, akan difokuskan pada daerah yang terpencil dan bagian pelayanan masyarakat. Instansi yang telah melakukan penerimaan pada tahun lalu, maka tahun ini tak bisa mengajukan penambahan lagi,” kata Encep, Senin (17/06/2019).

Saat ini, pihaknya baru akan mengajukan usulan formasi dan masih menyusun kebutuhan formasi, untuk kemudian nantinya diajukan ke KemenPAN-RB. Untuk perekrutan PPPK, diutamakan pegawai honorer yang telah bekerja cukup lama dan tidam pernah berhenti.

“Untuk PPPK lebih diutamakan pada satuan kerja yang pada tahun lalu tidak mendapat alokasi pegawai. Penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2019, komposisinya CPNS sebesar 30 persen dan PPPK 70 persen,” sebutnya.

Diakuinya, memang saat ini masih banyak sekali Pemkab Tanjabbar kekurangan pegawai, apalagi untuk posisi guru hingga tenaga kesehatan. Encep juga menyebutkan, untuk total formasi penerimaan tahun 2019 masih belum dapat dipastikan.

Terpisah, Kepala Biro Humas Setda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah juga mengatakan tenaga pengajar masih akan menjadi prioritas pada penerimaan CPNS 2019 ini. Pemprov Jambi sendiri akan mengusulkan jumlah formasinya pada awal Juli mendatang.

“Untuk saat ini, belum ditentukan berapa jumlah formasi yang akan diusulkan pada tahun ini. Kita baru meminta data ke OPD dan tanggal 30 Juni nanti baru kita kirim formasinya ke MenPAN-RB, sesuai syarat edaran yang disampaikan ke kita,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi