Beranda News Mapala Pamsaka Kuala Tungkal Gelar Nobar Film Kinipan dan Diskusi di Kopi...

Mapala Pamsaka Kuala Tungkal Gelar Nobar Film Kinipan dan Diskusi di Kopi Kuale

TANJABBAR, AksesJambi.com – Menjelang berbuka puasa, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Pamsaka STAI An-nadwah Kuala Tungkal menggelar nonton bareng dan refleksi Film Kinipan, yang merupakan karya dari Watchdoc. Nobar dan diskusi ini diselenggarakan di cafe Kopi Kuale, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Sabtu (17/04/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjab Barat Syufrayogi Syaiful, Ketua KNPI Tanjab Barat Dadang Ginanjar, serta para mahasiswa yang turut berpartisipasi.

Ketua Mapala Pamsaka STAI An-nadwah Kuala Tungkal, Riyono mengatakan, alasan digelarnya kegiatan tersebut karena film itu mengisahkan tentang deforestasi, Omnibus Law dan pandemi yang menjadi persoalan bersama di Nusantara hingga saat ini.

“Film ini menjadi sangat penting untuk membuka wawasan publik tentang bagaimana seharusnya kita menjaga alam,” katanya.

Sementara itu ketua komisi II DPRD Tanjung Jabung Barat, Syufrayogi Syaiful, yang ikut menonton Film Kinipan berkomentar, bahwa film itu membuka mata pemerintah dan publik, bahwa ketika negara mengalami kesulitan ekonomi, ada kelompok yang disebut sebagai masyarakat adat yang justru menjadi garda terdepan untuk menyuplay pangan.

“Saat pandemi berlangsung, pemerintah sibuk melakukan pemulihan ekonomi. Namun, beruntung ada masyarakat adat yang mampu bertahan dengan pangannya. Bahkan, hasil pangan masyarakat adat ini juga disuplay ke luar komunitas mereka sendiri,” jelas ketua komisi II DPRD Tanjab Barat usai menonton dan diskusi Film Kinipan.

Lebih lanjut, Yogi sapaan akrabnya menyampaikan, bahwa film itu memberikan kesadaran tentang bagaimana persoalan merawat hutan dan wilayah adat merupakan tanggung jawab bersama.

“Persoalan hutan adalah persoalan bersama, maka dari itu kita selaku umat manusia harus menjaga alam kita bersama-sama dan bertanggung jawab bersama,” harapnya.

Selain menggelar nonton bersama mapala Pamsaka STAI An-nadwah Kuala Tungkal juga Menggelar diskusi dengan pemeran film Kinipan, Fery Irawan. (Team AJ/*)

DRadio 104,3 FM Jambi