Beranda Akses Antusiasnya SAD Lubuk Kering Pertama Kali Nyoblos di Pemilu

Antusiasnya SAD Lubuk Kering Pertama Kali Nyoblos di Pemilu

JAMBI, AksesNews – Warga Suku Anak Dalam (SAD) di Provinsi Jambi, tampak antusias mencoblos pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Hal ini terlihat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 007, Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Rabu (17/04/2019).

Pemilu bagi SAD ini merupakan hal yang pertama bagi SAD di Lubuk Kering. Sementara itu, TPS tersebut memang dikhususkan untuk Suku Anak Dalam, termasuk yang menjadi petugas TPS.

Diperkirakan masih ada ribuan warga suku tersebut, yang tidak memberi suaranya dalam Pemilu ini, baik karena tidak terdaftar di DPT maupun buta aksara. Suku Anak Dalam di desa tersebut, diketahui memang masih belum banyak yang mengenyam pendidikan.

Kondisi buta aksara ini membuat hak suara mereka rentan diintervensi atau dimanipulasi maupun diintimidasi dalam memilih.

Manager Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Jambi, Sukma Reni, meragukan SAD dapat menggunakan hak pilihnya secara independen.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Komisi Pemilihan Umum, terdapat sekitar 1.200 orang Suku Anak Dalam yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Namun tidak semuanya bisa mencoblos karena sebagian ada yang belum melakukan perekaman KTP elektronik atau e-KTP.

SUMBER: jambikita.id