Beranda Akses 3 Mahasiswi UIN Jambi Dikabarkan Hilang di Gunung Masurai Merangin

3 Mahasiswi UIN Jambi Dikabarkan Hilang di Gunung Masurai Merangin

Gunung Masurai. Foto: Instagram @juandaatmajadinata
Gunung Masurai. Foto: Instagram @juandaatmajadinata

JAMBI, AksesNews – Tiga perempuan yang berstatus mahasiswi dari salah satu perguruan tinggi di Jambi, dikabarkan hilang, Rabu (17/02/2021). Mereka diduga tersesat di Gunung Masurai, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Informasi tersebut diterima Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jambi pada 17 Februari 2021, pukul 07.00 WIB. Kepala Desa (Kades) Sungai Lalang, melaporkan bahwa telah hilang tiga orang di Gunung Masurai.

Kepala Kantor Basarnas Jambi, Ibnu Harris Al Hussain melalui Humasnya Luthfi menjelaskan ketiganya hilang setelah mendaki bersama lima orang lainnya di Gunung Masurai, Merangin.

“Ada tiga orang dilaporkan hilang. Mereka turun dari puncak Gunung Masurai pada Selasa, 16 Februari 2021, sekitar pukul 14.00 WIB. Namun, sampai sekarang belum ada kabar dan diindikasi hilang,” ungkapnya.

Mereka mulai mendaki pada Minggu (14/02/2021) dan turun pada Selasa (16/02/2021) siang kemarin. Namun, ketiga perempuan itu tak kunjung sampai dan kembali hingga dinyatakan hilang.

“Kami terima laporan dari Kades Sungai Lalang pada 17 Februari 2021, pukul 07.00 WIB, bahwa dari delapan yang melakukan pendakian puncak Gunung Masurai, yang kembali baru lima orang dan tiga lainnya masih dalam pencarian,” jelasnya.

Atas laporan tersebut, Basarnas Jambi telah menyiagakan petugas untuk melakukan pencarian. Adapun identitas mereka, yakni Rahayu (20), Romlah (21) dan Nuri (20). Ketiganya adalah mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

“Awalnya tiga korban turun duluan, lalu lima rekannya menyusul. Tetapi sampai saat ini tidak ditemukan di Pintu Rimba, maupun penginapan. Korban diindikasi hilang, dikarenakan kendaraan korban masih ada di penginapan,” pungkasnya.

Basarnas Jambi bersiap melakukan pencarian.
Basarnas Jambi bersiap melakukan pencarian.

Hingga saat ini, keberadaan mereka belum diketahui. Pihak Basarnas Jambi sudah koordinasi untuk melakukan langkah pencarian. Tim sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian bersama Potensi SAR yang terdiri dari Organisasi Pecinta Alam dan Satgas SAR.

Gunung Masurai sendiri berkategori gunung yang sudah tidak aktif lagi dan jalurnya belum banyak terjamah. Gunung ini terletak dalam tiga wilayah Kecamatan di Kabupaten Merangin, yaitu Lembah Masurai, Jangkat dan Sungai Tenang. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi