Beranda Akses Kedai Galoe, Sajikan Minuman Rempah Penambah Imunitas Tubuh

Kedai Galoe, Sajikan Minuman Rempah Penambah Imunitas Tubuh

JAMBI, AksesNews – Kedai Galoe Rempah yang terletak di Jalan Sunan Kalijaga, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi menawarkan berbagai minuman tradisional berbahan rempah.

Kedai yang sudah berdiri selama 3 tahun itu sempat menarik perhatian, karena eksistensinya dipecaya dapat membantu kesembuhan dari Covid-19 dan membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Pemilik Kedai Galoe Rempah, Wisma mengatakan bahwa kedai ini menyajikan minuman berbahan rempah, seperti Segalo Rempah (Secang), Sari Rempah, Sungkai, Teh Gaharu dan sebagainya.

Air perasan Daun Sungkai, kata Wisma, diyakini memiliki manfaat untuk sembuh dari Covid-19, sesuai dengan kesaksian yang beredar di internet. Minuman berbahan Sungkai dari kedai tersebut, bahkan sudah membantu pasien di Kota Jambi untuk sembuh dari Covid-19.

“Mengenai Sungkai kami tidak mendapatkan informasi secara ilmiah tentang manfaat sungkai kepada pasien Covid-19. Namun, beberapa kesaksian dari video pendek di facebook, terdapat orang yang sembuh dari Covid-19, karena rutin minum olahan Sungkai. Misalnya dari Malaysia dan Sulawesi. Ada juga pasien Covid-19 seorang wartawan di Kota Jambi yang rutin meminum olahan Daun Sungkai yang kami jual dan kemudian sembuh,” kata Wisma, Rabu (11/11/2020).

Walaupun demikian, Wisma mengatakan bahwa dosis konsumsi air perasan Daun Sungkai perlu diperhatikan. Oleh karena itu, pengolahan Sungkai menjadi minuman herbal tidak bisa sembarangan.

“Saya menemukan beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi Sungkai. Apalagi dengan dosis yang keras misalnya. Kemudian saya coba dengan pendekatan herbal untuk bisa mendesain Sungkai yang juga bisa meningkatkan imunitas,” tuturnya.

Penyajian minuman berbasis Sungkai, kata Wisma, terinspirasi dari kearifan lokal di beberapa desa yang ada di Provinsi Jambi yang memanfaatkan Daun Sungkai untuk kesembuhan dari berbagai penyakit, seperti malaria.

Sedangkan Sari Rempah adalah minuman berbahan rempah-rempah yang dicampur dengan jeruk dan kulitnya. Kulit Jeruk, kata Wisma, dapat membantu untuk melawan Covid-19, sesuai hasil riset dari Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor.

“Di awal atau 3 tahun yang lalu kami sudah yakin kulit jeruk sangat bermanfaat. Tetapi kemudian sesudah ada Covid-19, cukup banyak universitas yang melakukan penelitian. Universitas Indonesia dan IPB menyatakan bahwa kulit jeruk mengandung hesperidin yang bisa untuk melawan Covid-19,” ujarnya.

Selain kedua minuman tersebut, ada Segalo Rempah yang diyakini dapat meningkatkan imunitas tubuh, sebagaimana yang dikatakan Wisma. Minuman berbahan rempah di kedai ini masing-masing harganya senilai 20 Ribu Rupiah.

Wisma sempat menyampaikan minuman berbahan rempah adalah warisan dan kearifan untuk menyehatkan tubuh yang terlupakan. Menurutnya, wilayah Indonesia termasuk Jambi memiliki kekayaan akan tanaman rempah-rempah.

Selin itu, ia juga membeberkan bahan yang tersedia di Kedai Galoe Rempah sebagian berasal dari Suku Anak Dalam (SAD).

“Suku Anak Dalam punya kebiasaan merebus sebuah tanaman untuk minuman herbal. Saya juga mencoba minuman itu dan merasakan manfaatnya. Atas dasar itu saya bawa tanaman ini ke Galoe Rempah dan dikombinasikan dengan beberapa resep, hasilnya lumayan,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi