Beranda Akses Jelang Natal Dan Tahun Baru, Bulog Jambi Siapkan 40 Ton Daging Beku

Jelang Natal Dan Tahun Baru, Bulog Jambi Siapkan 40 Ton Daging Beku

Ilustrasi daging beku. Foto: Ist
Ilustrasi daging beku. Foto: Ist

JAMBI, AksesNews – Menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2021, Badan Urusan Logistik (Bulog) Jambi menyiapkan pasokan daging beku sebanyak 40 ton.

Disiapkannya daging beku tersebut, untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan dan terjadinya lonjakan harga daging menghadapi Natal dan Tahun Baru 2021 mendatang.

Kepala Bulog Jambi melalui Kabid Pengadaan dan Operasional Publik Perum Bulog Jambi, Aan Sugiarto mengatakan saat ini, yang baru sampai di Jambi dan telah didistribusikan ke daerah sebanyak 20 ton daging beku.

“Semua daging beku sudah tersebar di kantor cabang di Jambi, jadi kami harapkan menjelang natal dan tahun baru harga daging stabil,” kata Aan Sugiarto, Senin (16/11/2020).

Dalam kedua momen tersebut, diprediksi akan mengalami peningkatan konsumsi di tengah masyarakat. Hingga saat ini, stok daging beku ada 20 ton dan kalau diperlukan siap ditambah pasokannya.

“Kalau kurang, maka Bulog Jambi segera melakukan permintaan tambahan daging beku itu. Kita akan terus menjaga stok daging beku itu seperti bahan pangan lainnya untuk Natal dan tahun baru,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan daging beku yang dipasarkan ke masyarakat saat ini merupakan daging sapi paha bagian belakang bukan daging kerbau. Harga yang dijual langsung kepada konsumen senilai Rp 90.000/kg, sedangkan harga grosirnya Rp 87.500/kg.

“Harga daging sapi paha bagian belakang tidak diatur dalam Permendag, jadi memang harganya lebih mahal dari harga HET,” sebutnya. 

Disebutkannya, 20 ton daging beku ini terbagi ke beberapa tempat disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan yakni Kota Jambi 9,9 ton, Bungo 5 ton, Tungkal 1,9 ton, Sarolangun-Bangko 1,4 ton dan Kerinci 2 ton.

“Pengirimannya bertahap, nanti 20 ton lagi menyusul akan segera dikirim ke Jambi dalam waktu dekat,” sebutnya.

Dirinya berharap, dengan adanya stok daging beku dari Bulog ini dapat menjaga stabilitas harga di pasaran. Daging beku ini merupakan alternatif masyarakat, jika tidak dapat membeli daging segar dan pastinya daging beku harganya jauh lebih murah. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi