Beranda Akses Hesti Haris Minta TP-PKK Bersinergi dengan Pemerintah

Hesti Haris Minta TP-PKK Bersinergi dengan Pemerintah

JAMBI, AksesNews – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi,Hesti Haris, mengemukakan, sebagai penyuluh dan penggerak keluarga, PKK berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan untuk itu PKK bisa hadir sebagai pendamping masyarakat terutama dalam peningkatan kesehatan dan pemberdayaan. Ia berharap ada sinergi antara kegiatan TP PKK dan kegiatan pemerintah melalui OPD.

Hal ini dikemukakannya saat melakukan kunjungan kerja sekaligus membuka Pencanangan Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan dan Pelaksanaan Rakerda PKK IX Tahun 2021, di Sekretariat PKK Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Timur, Muara Sabak, Kamis (16/09/2021)

Dalam sambutannya Hj. Hesti mengemukakan, dalam Rakerda ini kita bisa menyamakan persepsi tentang penggerakan PKK yang akan datang dan menyatukan program kerja mulai dari Pusat, TP-PKK provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai ke desa.

“Kita mengajak kerja sama yang berkaitan program bersama OPD untuk mendukung gerakan PKK di daerah, kalau dulu PKK di atur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri, agak sulit untuk mengajak OPD untuk berkerja sama, tetapi sekarang PKK Sudah diatur Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 dan Permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, serta hasil Rakernas IX tahun 2020,” ungkap Hesti.

Dikatakannya, dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan peran gerak PKK tentu saja harus selaras sesuai dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

“Saya berharap agar tim penggerak PKK dan kader kader PKK dapat bersinergi dengan Pemerintah daerah dengan stekholder terkait. Sebagai mitra pemerintah tim penggerak PKK harus mensinergikan segala bentuk program-program yang dikembangkan dalam membantu Pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan di daerah,” ujar Hesti.

Menurutnya, TP-PKK merupakan mitra Pemerintah dan Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai peran untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berdaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Untuk itu dibutuhkan persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan dan melaksanakan program gerakan PKK sekaligus mengoptimalkan pelaksanaan 10 program pokok PKK terutama program rutin yang menjadi prioritas PKK.

“Saya minta kepada pengurus TP PKK kecamatan dan desa untuk menindaklanjuti setiap program kerja TP PKK kabupaten. Sehingga tujuan program yang telah dirumuskan dapat tercapai sampai kepada masyarakat luas,” ujar Hesti

Pada kesempatan ini Hj. Hesti, menyatakan tujuan melakukan kunjungan ini dalam rangka memberikan semangat kepada Tim Pengerak PKK di seluruh Kabupaten agar tetap semangat, tetap optimis, dan berkerja melaksanakan tugas sebagai Tim Pengerak PKK.

Selain itu Hj. Hesti juga berpesan agar program Dasawisma harus digiatkan kembali untuk menganalisis permasalahan yang ada di daerah, sehingga dapat dilakukan penyusunan program untuk penyelesaian permasalahan yang ada.

“Untuk mewujudkan tujuan tersebut tentunya banyak hal yang mesti kita lakukan dan kita benahi baik dalam tata Kelola kelembagaan, tertib administrasi serta implementasi 10 program pokok PKK di tinggkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa harus sinkron,” pesannya.

Ia juga memberikan apresiasi dan pujian kepada pengrajin batik di Kabupaten Tanjab Timur, atas kreativitas yang menunjukkan dengan keunikan, orisinalitas pewarnaan dan keindahannya. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi