Beranda Akses Musim Ikan Kabut Asap, Yogi Minta Pemerintah Penuhi Hak Keluarga Nelayan

Musim Ikan Kabut Asap, Yogi Minta Pemerintah Penuhi Hak Keluarga Nelayan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Nelayan harus melaut untuk memenuhi hidup, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) desak pemerintah segera action langsung. Kondisi saat yang membuat nelayan tetap melaut meskipun langit tidak memadai tidak dapat dipungkiri.

Oleh sebab itu menurut Suprayogi Syaiful, Ketua HNSI Tanjabbar harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. “Kalau kita tidak ke laut tentu kita tidak dapat hasil. Kebutuhan rumah tentu diprioritaskan,” katanya, Senin (16/09/2019).

Dengan kondisi cuaca saat ini yang tidak bersahabat, tentu perlu cara untuk mensiasati, diantaranya dengan menggunakan kompas. Kondisi dilaut saat ini, kata Yogi sedang dalam musim ikan, artinya hari hari belakangan ini waktu yang pas untuk melaut, dengan isi dilaut yang memadai.

Dirinya berharap kepada nelayan yang melaut tetap mengutamakan keselamatan dalam melaut, bukan hanya mengutamakan hasil yang akan ditangkap.

Sedangkan kepada pemerintah, baik Pemkab dan Pemprov ataupun Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk segera turun tangan mengatasi permasalahan ini.

“Kabut asap ini sudah kiriman dari daerah lain seperti Tanjab Timur, Riau. Artinya kita sudah dikepung dari beberapa kabupaten dan provinsi. Saya pikir ini sangat memprihatinkan,” katanya.

Oleh karena itu, bencana yang sudah menghantui masyarakat harus diambil tindakan nyata. “Semua pemangku kebijakan harus action melakukan konsolidasi langsung dengan kepala daerah yang daerah nya terkena kebakaran hutan,” katanya

Kendati demikian, dia juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak dilapangan yang melakukan pemadaman seperti TNI, Kepolisian, BPBD, Damkar dan semua pihak yang terlibat.

Perlunya konsolidasi antara pengambil kebijakan untuk duduk bersama mengambil keputusan mengatasi permasalahan tersebut. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi