Beranda Akses Lima Kepala Daerah di Jambi Berkumpul dalam Satu ‘Kendaraan Politik’

Lima Kepala Daerah di Jambi Berkumpul dalam Satu ‘Kendaraan Politik’

FOTO: dari kiri, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Haryanto, Bupati Merangin Al Haris (tengah), Bupati Bungo Mashuri dan paling kanan, Bupati Kerinci Adirozal.
FOTO: dari kiri, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Haryanto, Bupati Merangin Al Haris (tengah), Bupati Bungo Mashuri dan paling kanan, Bupati Kerinci Adirozal.

JAMBI, AksesNews – Belakangan ini suhu perpolitik di Provinsi Jambi tampaknya mulai memanas, sejumlah kandidat mulai muncul kepermukaan. Bahkan, belum lama ini lima kepala daerah di Jambi mengadakan pertemuan di Kayu Aro, Kabupaten Kerinci pada Sabtu 14 September 2019.

Pertemuan di Kerinci itu diinisiasi oleh Bupati Kerinci Adirozal dalam undangan bertajuk Silaturahmi dan Pentandingan Persahabatan Olahraga di Bumi Sakti Alam Kerinci. Ada empat bupati yang hadir, yakni Bupati Merangin Al Haris, Bupati Bungo Mashuri, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Haryanto dan Bupati Muaro Jambi Masnah Busro.

Pertemuan 5 tokoh tersebut, selain bersilaturahmi dan bertandingan olahraga disinyalir juga sejumlah elite politik tersebut membahas tentang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Kepala Daerah, yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 mendatang.

Menurut Adirozal, Bupati Kerinci selaku tuan rumah pertemuan tersebut, mengatakan bahwa agenda mereka berkumpul hanya sebagai ajang silaturrahmi dan para bupati yang diundang juga kebetulan menyempatkan waktunya untuk melihat objek wisata yang ada di Kerinci.

Sebelumnya, pertemuan serupa berlangsung di Kabupaten Bungo pada bulan Juli lalu dengan tajuk yang sama. Saat itu, Bupati Bungo Mashuri yang menjadi tuan rumah, dan yang hadir Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dan Bupati Merangin Al Haris. Sedangkan, Bupati Batanghari dan Bupati Muaro Jambi hadir dengan perwakilan.

Tak menutup kemungkinan acara serupa akan kembali digelar. Namun, apakah para kepala daerah lainnya juga bakal diundang, seperti Walikota Jambi Syarif Fasha, Walikota Sungai Penuh Asyafri Jaya Bakri (AJB), Bupati Sarolangun Cek Endra, Bupati Tebo Sukandar, dan Bupati Tanjung Jabung Barat Safrial.

Kekompakan para kepala daerah yang mengadakan pertemuan di Kerinci itu, juga diperlihatkan dalam postingan akun instagram @kabarkampungkito, yang diunggah, Minggu (15/09/2019).

Dalam postingan tersebut, tampak Bupati Muaro Jambi Masnah Busro nge-vlog sampil memperkenalkan satu persatu rekannya yang ada di dalam mobil. Disamping kiri Masnah, tampak Romi yang membawa mobil, dibelakangnya ada Al Haris, Mashuri dan Adirozal.

“Hai gaes, assalamualaikum. Kami lima bupati nih, ada Bupati Tanjabtim, ada Bupati Bungo, ada Bupati Merangin, ada Bupati Kerinci, yuhuu, mantap,” diakhir video Bupati Tanjabtim, Romi mengatakan “doain sukses ya, amin, Aamiin sambut Masnah Busro”.

Bak satu mobil dalam kendaraan politik, kecerian mereka sepertinya lupa dengan kondisi masyarakat Jambi yang saat ini telah dilanda bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak beberapa bulan ini. Sontak saja, para warganet yang baik hati mengingatkan mereka dalam komentar postingan tersebut.

Sampai saat ini, Senin (16/09/2019) postingan tersebut dibanjiri ratusan beragam komentar. Ada komentar yang tak peduli meskipun juga ikut berkomentar dan menyukai, tak sedikit juga yang mendoakan kesehatan mereka, sampai komentar-komentar soal asap yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Jambi. (Bjs)