Beranda Akses BMKG: 9 Titik Panas Terpantau di Wilayah Jambi Hari Ini

BMKG: 9 Titik Panas Terpantau di Wilayah Jambi Hari Ini

JAMBI, AksesJambi.com – Badan Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Sultan Thaha Jambi mendekteksi ada 9 (Sembilan) titik panas (Hotspot) disejumlah wilayah Provinsi Jambi, yakni di Kabupaten Batanghari 4 (Empat) titik panas dan Kabupaten Merangin 5 (Lima).

Kepala BMKG Stasiun Sultan Thaha Jambi, Nurangesti melalui Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jambi, Kurnianingsih menyatakan ada 9 titik panas berdasarkan pantauan Sensor Modis (Satelit Terra & Aqua) dan Suomi NPP, Tanggal 15 September 2018, Update Tanggal 16 September 2018 Pukul 05.00 WIB.

“Berdasarkan pantauan dari satelit terra dan aqua, mendeteksi 9 titik panas yang mengindikasikan adanya Karhutla. Ada 4 titik panas dideteksi di Kecamatan Bajubang, Batanghari, dan 5 dideteksi di Kecamatan Sungai Tenang, Muara Siau dan Tabir Ilir di Merangin,” kata Kurnianingsih, Minggu (16/09/2018).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa di wilayah Sumatera, Provinsi Jambi masuk dalam daftar penyumbang titik panas terbanyak hingga 16 September, berada pada urutan ke-4, setelah Sumatera Selatan (92 titik panas), Bangka Belitung (44 titik panas), dan Lampung (44 titik panas).

(Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi