Beranda Advertorial Jambi Kirim 2 Peserta Jambore Dunia ke-24 di Amerika

Jambi Kirim 2 Peserta Jambore Dunia ke-24 di Amerika

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi Jambi, melalui Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jambi mendelegasikan 2 orang putra terbaik daerah menjadi peserta Jambore Tingkat Dunia (World Scout Jambore) di tahun ini. Jambore Dunia ini pertama kali di laksanakan pada tahun 1920 di Olimpia, London, Inggris.

Jambore Dunia ke 24 tahun 2019 ini diselenggarakan oleh organisasi Pramuka Dunia (World Organization of Scout Movement) pad tanggal 22 Juli 2019 hingga 02 Agustus di The Summit Bechtel Reserve’s West Virginia, Amerika Serikat.

Sebelum berangkat ke Jakarta untuk di lepaskan secara nasional oleh Presiden Indonesia, Dua orang peserta bersama Perwakilan Kwarda Gerakan Pramuka Jambi berkunjung ke rumah Gubernur Jambi di kawasan Telanai Pura, Kota Jambi, Selasa (16/07/2019).

Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengatakan dua putra terbaik Jambi atas nama Ilham Hermawan F dan Ginda Maulana Dionanta akan berangkat ke Amerika Serikat untuk mengikuti Jambore Dunia yang rutin diselenggarakan setiap 4 tahun sekali oleh organisasi Pramuka Dunia.

“Jambore dunia ini adalah pertemuan anggota Pramuka seluruh dunia, khususnya Pramuka Penggalang dan Penegak. Anggota pramuka yang berumur 14-17 tahun,” jelas Fachrori.

Lanjutnya, peserta dari Jambi ini akan berangkat pada Rabu pagi 17 Juli 2019 ini untuk Menuju Jakarta. Pada 19 Juli 2019 nanti akan di lepaskan secara nasional oleh Presiden Indonesia di Istana Negara.

“Mudah-mudahan kita bisa pergi dan pulang aman dan juga selamat,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, Yevi Rifaldi mengatakan dua anggota Pramuka Penggalang Garuda ini perwakilan dari Kwartir cabang. Ilham Hermawan F merupakan utusan Kwartir Cabang Merangin dan Ginda Maulana Dionanta utusan Kwartir cabang Batanghari.

“Anggota Pramuka Penggalang Garuda terbaik provinsi Jambi ini telah melewati seleksi yang sangat ketat dari masing masing kwartir yang lainnya. Mereka mengikuti seleksi administrasi, ilmu pengetahuan atau wawasan , public speaking, kecakapan keterampilan, penguasaan seni budaya Jambi,” jelasnya.

Dalam keberangkatan ini, selain 2 peserta tersebut, juga akan berangkat 3 orang dewasa yang sebagai Visitor, yaitu Gubernur Jambi beserta Ajudannya dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi, Sudirman.

Diketahui, Sejak Tahun 2007 lalu hingga tahun 2019 Kwarda Gerakan Pramuka Jambi sudah 4 kali berpatisipasi pada Jambore Dunia.

Pada Jambore ke-21 tahun 2007 di Manchester, Inggris, Jambi mengirim 2 orang anggota dan 5 orang dewasa.

Jambore Dunia ke-22 tahun 2011 di Swedia memberangkatkan 2 orang penggalang (1 orang putra dan 1 orang putri).

Jambore dunia ke-23 tahun 2015 di Jeoang, Jambi memberangkatkan sebanyak 11 orang peserta dan 3 orang dewasa.

Jambore dunia ke-24 tahun 2019 ini di Amerika Serikat, Jambi kembali lagi berpartisipasi dengan memberangkatkan 2 orang peserta dan 3 orang dewasa sebagai Visitor. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi