Beranda Akses Menuju BH 1, Safrial Beri Sinyal Maju Pilkada Jambi 2020

Menuju BH 1, Safrial Beri Sinyal Maju Pilkada Jambi 2020

FOTO: Safrial (Bupati Tanjung Jabung Barat Periode 2006-2011 dan 2016-2021)
FOTO: Safrial (Bupati Tanjung Jabung Barat Periode 2006-2011 dan 2016-2021)

JAMBI, AksesNews – Masyarakat Indonesia telah berpatisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini, untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota. Pada tahun 2020 mendatang, masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia akan menghadapi tahun politik lagi, yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak.

Pilkada tahun 2020 bakal digelar di 270 daerah, yaitu 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Provinsi Jambi sendiri termasuk dalam daerah yang akan melaksanakan Pilkada dan diikuti oleh 4 kabupaten (Tanjab Timur, Tanjab Barat, Bunga dan Batanghari) dan 1 Kota (Sungai Penuh).

Dalam persiapan tahun politik di daerah, khusus untuk Bakal Calon Gubernur Jambi sudah banyak beredar isu nama-nama kandidatnya, salah satunya adalah Bupati Tabung Jabung (Tanjung) Barat 2 periode, yakni Safrial. Selain itu, dirinya juga salah satu kader terbaik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sinyal Kesiapan Safrial untuk Pilkada 2020

Saat ini, Safrial juga telah memberi sinyal kesiapannya dalam menuju calon Gubernur Jambi mendatang di Pilkada 2020. Sebagai salah satu nama yang sering disebut sebagai calon gubernur Jambi yang akan datang.

Safrial sudah mengotipmiskan dirinya dan menyatakan kesiapannya dengan alasan apabila rakyat Jambi menghendaki dirinya memimpin negeri Pucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

“Saya pada dasarnya kalau rakyat Jambi menginginkan amanah itu diberikan kepada saya, saya siap,” kata Safrial.

Menurutnya, kesiapannya menjadi orang nomor satu itu untuk mendedikasikan diri untuk masyarakat, sebab jabatan adalah pengabdian.

Tanggapan Edi Purwanto, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi

FOTO: Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto
FOTO: Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto

Bukan rahasia lagi, jika disetiap Pilkada di Indonesia, PDIP selalu mengusung kadarnya untuk ikut menjadi calon Kepala Daerah. Sebagai salah satu kader PDIP, Safrial yang namanya juga di gadang-gadangkan akan menjadi calon Gubernur Jambi di Pilkada 2020 nanti merupakan hal yang wajar.

Hal ini disebabkan pada Pemilu 2019, di DPRD Provinsi Jambi PDIP memenangkan 9 kurisi. Itu bisa menjadi salah satu tolak ukur Safrial akan maju. Sementara, tidak hanya nama Safrial, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengatakan kader PDIP yang layak maju cukup banyak. Hanya saja masih menunggu respon dari masyarakat Jambi.

“Kader PDIP yang layak cukup banyak, Kita lihat respon masyarakat. Kita selalu mengusung kader murni kita. Kalah menang hal biasa dan kami yakin dan optimis PDI Perjuangan akan menjadi partai penentu kemenangan Pilgub Jambi,” kata Edi Purwanto.

Pandangan Salah Satu Pengamat Politik Muda

FOTO: Pengamat Politik Jambi, Ahmad Harun Yahya
FOTO: Pengamat Politik Jambi, Ahmad Harun Yahya

Pengamat Politik Muda Jambi, Ahmad Harun Yahya yang juga sebagai Dosen di UIN Raden Patah (Palembang) dan di STAI An-Nadwah (Jambi) mengatakan Safrial memang berpotensi maju dan memenangkan pertarungan Pilgub Jambi, mengingat dirinya sudah cukup familiar dikenal oleh masyarakat Jambi.

Menurutnya, menjadi Bupati Tanjab Barat dua periode dan pernah maju sebagai Cagub Jambi pada tahun 2010 lalu menjadi modal awal untuk Safrial. Tidak hanya melihat dari status Safrial sebagai Bupati, Harun juga melihat dari sisi Partai, karena Safrial merupakan Kader PDIP yang memiliki 9 kursi di DPRD Provinsi Jambi pada Pemilu 2019.

“Artinya, Safrial tidak akan kesulitan mencari dukungan apabila benar-benar diberi tiket maju oleh PDIP. Sosok Safrial adalah sebagai kartu ‘JOKER’ bila positif maju sebagai salah satu calon kandidat gubernur di ajang Pilkada Jambi 2020,” kata Harun, Minggu (16/06/2019).

Selain itu, Harun juga mengatakan siapa pun yang berpasangan dengan Safrial memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada Jambi. Safrial adalah pribadi yang cukup populer di tengah-tengah masyarakat Jambi terlebih dirinya Bupati Tanjung Jabung Barat dan beliau juga berasal dari kalangan akedemisi.

Kandidat Ideal Pilgub Jambi 2020

Jelang Pilkada Jambi 2020, berbagai manuver kandidat-kandidat yang berniat maju sudah mulai menunjukan pergerakan, baik dari kalangan politikus, pengusaha maupun dari birokrat. Pemetaan politik sydah dimainkan oleh elit-elit untuk menggapai seluruh elemen masyarakat.

Menurut Ahmad Harun Yahya, Pilkada tidak hanya sekedar ajang suksesi kepemimpinan semata. Tetapi Pilkada 2020 di isi dengan gagasan-gagasan cerdas. Sehingga, rakyat mendapatkan edukasi politik dengan baik dan dapat menentukan pilihan dengan keyakinan bahwa pemimpin yang dipilih nantinya akan menjamin kesejahteraan rakyat selama 5 tahun ke depan.

Lanjutnya, subtansi dari setiap penyelenggaraan Pemilu adalah lahirnya solusi-solusi untuk memecahkan berbagai macam persoalan yang masih dihadapi oleh rakyat, baik persoalan ekonomi, sosial, pendidikan, kemiskinan, pengangguran dan lain sebagainya.

12 Nama Kandidat Cagub/Cawagub Jambi Versi Polling AksesNews

Selain nama Safrial yang di gadang-gadangkan sebagi Bakal Cagub di Pilkada 2020, masih ada 12 nama yang beredar di tengah masyarakat. Nama-nama tersebut berlatar belakang berbagi unsur, yang dianggap layak untuk nama kandidat kuat dalam Pilkada mendatang.

Nama-nama ini juga dihimpun oleh AksesJambi.com dalam Poll Reports/Opinion Stage, untuk melihat respon publik ditahun politik ini. Bagi pembaca yang ingin melihat 12 nama kandidat dapat berpatisipasi di Poll Reports kami, silahkan klik link dibawah ini:

AKSES: Siapa Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jambi Pilihan Anda?

[socialpoll id=”2554543″]

(Bahara Jati/Alpin/Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi