Beranda Akses Waspadai, Mengkonsumsi Makanan dan Resiko Timbulnya Penyakit Pasca Lebaran

Waspadai, Mengkonsumsi Makanan dan Resiko Timbulnya Penyakit Pasca Lebaran

BATANGHARI, AksesJambi.com – Perayaan hari kemenangan bagi umat muslim di Indonesia yaitu hari raya Idul Fitri yang mana tidak lepas dengan sajian berbagai jenis menu makanan seperti Ketupat, Opor Ayam, Rendang Daging, Kue Basah, Kue Kering dan sebagainya.

Makanan-makanan yang lezat tersebut masih banyak menggunakan olahan Santan, Daging, Gula, Minyak dan Garam. Tentunya bahan olahan makanan tersebut bisa memincu timbulnya penyakit Hipertensi, Kolestrol, Diabetes Melitus Tipe 2 dan penyakit Jantung Koroner.

Dokter Rahmatul Ikbal mengatakan faktor timbulnya penyakit ini karena kebiasaan mengkonsumsi berlebihan makanan yang mengandung santan, makan daging yang berlebihan, konsumsi gula yang berlebihan. Intinya semua yang mengandung gula, Jumat (15/06/2018).

“Gejala awal timbulnya penyakit Hipertensi seperti sakit kepala, pusing, sakit di daerah leher. Kalau penyakit ini tidak diditeksi dan di tangani lebih awal kemungkinan terburuk akan mengakibatkan ganguan pada ginjal dan penyakit jantung koroner,” jelas Ikbal.

Permasalahan ini masih bisa diatasi dengan sederhana seperti minum air putih yang cukup, kurangi konsumsi yang mengandung santan, garam, gula dan berlemak secara berlebihan. Selain itu kita juga harus sering melakukan olah raga selama 30 menit sehari seperti joging, speda statis dan sebagainya.

“Kepada masyarakat agar lebih peduli lagi terhadap kesehatannya, dan menditeksi lebih awal, serta jangan mensepelekan gejala-gejala yang ada. Segera konsultasi ke dokter apabila gejala-gejala tersebut timbul,”ujar Ikbal. (Alpin)