Beranda Akses Selain Penambahan 9 Positif Corona, Fasha Umumkan 4 Swab Negatif

Selain Penambahan 9 Positif Corona, Fasha Umumkan 4 Swab Negatif

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat mengumumkan perkembangan kasus Corona pada Sabtu, 16 Mei 2020. Foto: AksesJambi.com
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat mengumumkan perkembangan kasus Corona pada Sabtu, 16 Mei 2020. Foto: AksesJambi.com

KOTAJAMBI, AksesNews – Wali Kota Jambi, Syarif Fasha yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Jambi mengumumkan 9 pasien baru terkonfirmasi positif Corona di Kota Jambi hari ini, Sabtu (16/05/2020) sore.

“Hari ini ada penambahan 9 kasus positif. Dari 9 kasus yang terkonfirmasi, 7 di antaranya sudah dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi, 2 dirawat di rumah sakit swasta yang ada di Kota Jambi,” kata Fasha.

Dengan adanya penambahan 10 kasus baru positif Corona di Provinsi Jambi, 9 di antaranya merupakan warga Kota Jambi. Sehingga, sampai saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi mencatat total kasus di Kota Jambi sebanyak 24 orang dari sebelumnya 15 pasien.

Tambah 10, Kumulatif 79 Kasus Terkonfirmasi Positif Corona di Jambi

Wali Kota Fasha menjelaskan bahwa, sembilan kasus baru tersebut merupakan klaster Gowa dan kontak erat klaster Gowa. Mereka semuanya berstatus orang tanpa gejala (OTG), namun orang-orang tersebut memiliki potensi besar dalam menyebarkan virus.

Dengan adanya penambahan ini, Wali Kota Fasha kembali mengingatkan masyarakat agar mematuhi semua anjuran pemerintah, pakai masker, cuci tangan, hindari kerumunan dan jaga jarak, serta terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain mengumunkan penambahan 9 kasus baru positif Corona di Kota Jambi, Fasha juga menyebutkan, bahwa ada sebanyak 4 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi dan sudah keluar hasil uji lab/swab, hasil swab meraka negatif.

“Semoga ini berita baik, dari pasien-pasien yang kami rawat di Rumah Sakit Abdul Manap. Ada empat pasien yang sudah dikeluarkan hasil swab-nya, dan hasilnya negatif. Menurut protokol, harus dilakukan dua kali. Kami menunggu untuk swab kedua nanti,” kata Fasha.

Jika hasil uji swab kedua nanti mereka kembali dinyatakan negatif, berarti pasien tersebut sudah sehat dan mereka diperbolehkan pulang. Jadi, ada empat pasien uji swab pertama hasilnya negatif dan sedang menunggu hasil swab keduanya.

Hingga saat ini, masih ada 18 orang dalam pemantauan (ODP) yang dipantau dan 37 pasien dalam perawatan (PDP) dan 24 positif. Selain itu, Pemkot Jambi kembali akan melakukan uji rapid test massal untuk para pelaku-pelaku usaha yang berintraksi dengan masyarakat Kota Jambi.

“Dalam waktu dekat ini juga, kami akan kembali mengadakan uji rapid test massal kepada para pelaku-pelaku usaha yang berintraksi dengan masyarakat umum nantinya. Kapan waktunya dan siapa, dalam waktu dekat ini akan kami tentukan,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi