Beranda Akses JK Kunjungi Pembangunan PLTA Serta Resmikan Masjid Nurul Islam Kerinci

JK Kunjungi Pembangunan PLTA Serta Resmikan Masjid Nurul Islam Kerinci

KERINCI, AksesJambi.com – Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) bersama Gubernur Jambi, Al Haris, didampingi Bupati Kerinci, Adirozal, Kapolres Kerinci, Dandim 0417/Kerinci melakukan kunjungan ke Kabupaten Kerinci guna melaksanakan peninjauan lokasi dan progres pembangunan PLTA yang dikerjakan oleh PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK) yang diperkirakan pada tahun 2025 mendatang akan beroperasi, Selasa (15/03/2022).

Dengan menumpang pesawat pribadi, JK mendarat di Bandara Depati Parbo sekira pukul 08.00 WIB, disambut Bupati Kerinci Adirozal bersama unsur Forkopimda.

Dari Bandara Depati Parbo JK bersama rombongan langsung menuju lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Dusun Bedeng Lima, Desa Batang Merangin, Kabupaten Kerinci.

Rombongan Jusuf Kalla langsung menuju lokasi pembangunan PLTA di Batang Merangin, mulai dari adit 1 sampai adit 4 yang berlokasi di Desa Muara Imat, Kecamatan Batang Merangin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubnernur Jambi, Bupati Kerinci, Kapolres Kerinci, Dandim 0417/Kerinci, Camat Batang Merangin, Kapolsek Batang Merangin, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat Kecamatan Batang Merangin

Usai melakukan pemantuan progres di sejumlah titik lokasi pembangunan PLTA, rombongan melaksanakan sholat zohor berjemaah di Masjid Nurul Islam di Desa BD V Batang Merangin dan dilanjutkan Jusuf Kalla lansung meresmikan Masjid Nurul Islam tersebut.

Untuk diketahui, bahwa pembangunan Masjid Nurul Islam Desa BD V Kecamatan Batang Merangin ini adalah bantuan dari CSR PT. KMH yang di bangun beberapa waktu yang lalu dan Alhamdulilah pada hari ini, Selasa (15/03/2022), selesai diresmikan oleh Yusuf Kalla mantan wakil Presiden RI.

Ketua pembangunan Masjid Nurul Islam dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan masjid ini adalah merupakan bantuan dari program CSR proyek PLTA PT. Kerinci Merangin Hidro (KMH) salah satu merupakan program dari perusahaan untuk memberikan mamfaat untuk masyarakat sekitar

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 2500 M persegi, dengan ukuran 16, 5 x 13,5 M dengan kapasitas ruang mimbar, teras toilet, dan tempat wudhu, Masjid ini bisa menampung lebih dan kurang lebih 350 sampai dengan 400 orang jemaah.

“Dengan halamnnya yang luas Masjid ini akan menampung kegiatan keagamaan dalam skala besar, seperti acara tabliq akbar, dan kegiatan-kegiatan hari besar lainnya, dengan hadirnya Masjid Nurul Islam ini, mudah-mudahan masyarakat bisa menjalankan ibadah dangan khusuk dan nyaman,” tutupnya.

Sementara itu, JK dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya baik sebagai Ketua DMI Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) maupun atas nama perusahaan atas kerjasamanya yang baik sehingga pembangunan PLTA di Kabupaten Kerinci berjalaan lancar dan sukses.

JK juga menyampaikan Ada tiga hal yang dibutuhkan untuk masjid, yang pertama adalah membangun, kedua adalah mengurus, dan ketiga jemaahnya, Masjid merupakan tempat sebagian dari kegiatan masyarakat, disamping tempat beribadah, kegiatan sosial, juga tempat kegiatan pengajian, majelis taklim ibu-ibu.

“Dengan dibangunnya masjid ini diharapkan dapat dimamfaatkan dengan sebaik-baiknya, dapat memakmurkan masyarakat sehingga dapat bermamfaat untuk kita semua,” tutupnya. (Jnf/*)