Beranda Akses Bertahan di Tengah Pandemi, 29 UMKM di Kota Jambi Bersatu dalam WUJBI

Bertahan di Tengah Pandemi, 29 UMKM di Kota Jambi Bersatu dalam WUJBI

JAMBI, AksesNews – Pandemi Covid-19 tidak selalu menyudutkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan strategis dan peluang yang ada, sejumlah UMKM di Kota Jambi berhasil bertahan di tengah wabah tersebut.

Seperti yang dialami 29 UMKM yang terdiri dari usaha kerajinan batik, minuman kopi, madu, makanan ringan dan sebagainya. Puluhan UMKM ini, berkolaborasi di Wirausaha Unggulan Jambi (WUJBI).

Kolaborasi ini terwujud di Galeri Wujbi, sekitar Jalan Kolonel Abujani, Kelurahan Selamat, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi.

Ketua Wujbi, Ahmad Farhan Habibie mengatakan, pihaknya ingin menjadi pusat oleh-oleh khas Jambi. Harapannya, pengunjung di Jambi dapat berkenalan dengan kebudayaan di Jambi melalui Wujbi.

“Para pengunjung, diharapkan juga merasakan belum lengkap rasanya ke Wujbi, seperti beli batik. Atau minum kopi juga di sini,” katanya, Selasa (16/03/2021).

Ia pun mengatakan para UMKM yang tergabung dalam Wujbi, dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan berbagai pasar, termasuk secara online.

“Semua lini kami upayakan, baik secara online. Kami memudahkan konsumen dalam berjualan, jadi kami jemput bola juga,” katanya.

Ditambahkan oleh Sekretaris Wujbi, Fitri, sebagian produk di sana sudah ada yang diekspor ke luar negeri.

“Kopi Korintji Berkah sudah diekspor ke Jerman. Rumah Hutan Madu sudah sampai Singapura,” katanya.

Fitri juga mengatakan harga yang diberlakukan di Wujbi sama seperti harga yang sebelumnya diberlakukan 29 UMKM tersebut, di tempatnya masing-masing.

Wujbi sendiri diluncurkan pada tanggal 3 Maret tahun 2021. Rencananya, Wujbi juga akan berdiri di kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha berharap galeri Wujbi dapat menjadi suatu percontohan. Selain itu, kebutuhan masyarakat luar Provinsi Jambi dapat terpenuhi oleh kolaborasi ini.

“Insya-Allah nanti UMKM akan dibina juga oleh Dekranasda kota Jambi hingga banyak tamu-tamu yang akan kita arahkan ke sini. Kepada seluruh masyarakat Kota Jambi agar dapat mendatangi galeri ini. Mudah-mudahan tempat ini selalu nyaman, aman dan juga meninggalkan kesan bagi kita semua,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi