Beranda Akses Cuaca Ekstrem di Kampung Nelayan, 8 Rumah Warga Rusak Dihantam Ombak

Cuaca Ekstrem di Kampung Nelayan, 8 Rumah Warga Rusak Dihantam Ombak

TANJABBAR, AksesJambi.com – Rumah warga di Kampung Nelayan, Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Timur, porak-poranda dihantam gelombang ombak air laut.

Tingginya gelombang ombak laut di pantai timur ini, karena meningkatnya cuaca ekstrem seperti hujan deras, badai dan petir sehingga para nelayan di bibir pantai banyak menepi kerena gelombang ombak.

Camat Sadu, Frans membenarkan atas kejadian tersebut, ia menyebutkan ada sebanyak delapan rumah rusak akibat hantaman gelombang ombak sehingga sebagian warga mengungsi ke tempat lebih aman.

Gelombang Pasang Terjang Kampung Nelayan, Warga Diimbau Mengungsi

“Ya benar ada, kejadiannya kemarin di Kampung Nelayan, Desa Air Hitam Laut, Kecamatan Sadu,” katanya, Sabtu (16/01/2021) sore.

Frans mengatakan, terkait kejadian di Kampung Nelayan, sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah setempat dalam hal ini BPBD, agar membantu para warga.

“BPBD sudah ke tempat kejadian untuk mengevakuasi warga yang berada di tepi laut,” ungkapnya.

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logisitik BPBD Tanjab Timur, Gunawan Nasution juga membenarkan atas kejadian di Kampung Nelayan tersebut. Tim BPBD sudah di lokasi ke tempat kejadian, sedangkan kerugian belum ditafsir.

“Dari BMKG juga mengatakan, bahwa puncak hujan di Provinsi Jambi sampai bulan Februari 2021 dan saya berpesan kepada masyarakat yang tinggal di bibir pantai serta dipinggiran Sungai Batanghari, agar selalu waspada,” katanya.

Begitu juga Sekda Tanjab Timur, Safril menyebutkan sangat perhatian atas peristiwa di Kampung Nelayan sampai rumah warga dihantam gelombang ombak besar dan ia juga sudah mempersiapkan bantuan kepada warga yang terdampak bencana.

“Sangat prihatin sekali, namun kita sudah persiapkan bantuan yang ada kepada warga,” pungkasnya. (Rif/*)