Beranda Advertorial Fachrori: HKSN Momentum Tingkatkan Semangat Gotong Royong

Fachrori: HKSN Momentum Tingkatkan Semangat Gotong Royong

JAMBI, AksesJambi.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyampaikan, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) merupakan suatu momentum dalam membangkitkan kembali dan lebih meningkatkan lagi semangat gotong royong, serta sebagai modal dasar dalam kesetiakawanan sosial.

Hal tersebut disampaikan Fachrori pada Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2018, bertempat di Depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (15/12/2018) pagi.

Kita memahami, kesetiakawanan sosial merupakan nilai, sikap, dan perilaku masyarakat yang berlandaskan pada kesadaran, tanggung jawab, kesetaraan, partisipasi sosial dalam mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah.

“Melalui semangat kebersamaan, kerelaan berkorban tanpa pamrih, saling berbagi, guna mewujudkan kesejahteraan bersama,” ujar Fachrori.

Fachrori mengemukakan, yang melatarbelakangi HKSN ini adalah jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial yang telah ditunjukkan oleh bangsa ini pada masa penjajahan, khususnya tahun 1948. Pada tahun 1948, seluruh lapisan masyarakat bahu membahu dalam mempertahankan kedaulatan bangsa ini, dari seluruh komponen bangsa bersatu dengan membentuk mata rantai perjuangan.

“Saat ini, kita tidak lagi berhadapan dengan perjuangan fisik berupa pertempuran, tetapi dihadapkan pada perjuangan dalam mengatasi beberapa permasalahan, yaitu, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka kematian ibu dan anak, penanganan narkoba, penanggulangan bencana, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengimplementasikan kesetiakawanan sosial secara nyata, dengan melakukan koordinasi bersama tim Program Keluarga Harapan (PKH) dalam mendorong graduasi mandiri para penerima PKH. Dimana, ratusan keluarga penerima manfaat PKH telah meningkat kesejahteraannya, dan secara sadar keluar dari penerima PKH.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan perusahaan yang turut serta dalam memberikan bantuan dan memberdayakan masyarakat melalui forum Corporate Social Responsibility (CSR). Mudah-mudahan, melalui sinergi yang baik dengan berbagai program dari pemerintah dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi,” pungkas Fachrori.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sosdukcapil) Provinsi Jambi, Arief Munandar,SE menyampaikan, HKSN bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian, solidaritas dan rasa kesetiakawanan sosial. Puncak peringatan HKSN ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 20 Desember 2018, di Gorontalo.

“Kita mengharapkan, dengan adanya HKSN ini bisa memecahkan suatu permasalahan sosial pada masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Jambi. Ini merupakan sebuah langkah dalam upaya memecahkan masalah sosial yang ada pada masyarakat, dan menumbuhkan rasa kemanusiaan, serta bisa mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi selama ini,” ungkap Arief.

Pada peringatan HKSN tingkat Provinsi Jambi tahun 2018, Fachrori menyerahkan penghargaan kepada 3 Kabupaten/Kota yang telah mendorong graduasi mandiri penerima PKH, yaitu Kota Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Kabupaten Kerinci. Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi juga melakukan beberapa kegiatan, yaitu jalan santai bersama, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan perekaman e-KTP. (HMS)