Beranda Akses Melalui Mobil Pintar, Anak-anak Gemar Membaca dan Mendongeng

Melalui Mobil Pintar, Anak-anak Gemar Membaca dan Mendongeng

TANJABBAR, AksesJambi.com – Dengan berkreasi dapat meningkatkan literasi anak untuk membangun karakter bangsa. Dengan berkreasi sambil belajar, membaca dapat dikolaborasikan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabbar, Zulfikri disela-sela kegiatan membangun karakter bangsa melalui kegemaran membaca dengan mobil pintar dan rekreasi sambil belajar, membaca, bercerita, dan mewarnai gambar dengan gembira, Jumat (15/11/2019).

Kegiatan yang dilakukan di Water Front City (WFC) Kuala Tungkal itu melibatkan anak TK Happy Kids Kuala Tungkal, Komunitas Pendongeng Tanjabbar, Komunitas Pencinta Hewan Tungkal.

Selain itu, Zulfikri menyampaikan banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan karakter bangsa, kegemaran membaca dan mendongeng.

Menurutnya, meningkatkan kegemaran anak dalam membaca dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Diantaranya dengan berkreasi, dimana anak diajak untuk belajar sambil berkreasi.

“Dengan kehadiran Mobil Pintar dan Literasi Rekreasi di WFC Kuala Tungkal ini anak dapat memberikan motivasi gemar membaca, lebih percaya diri,” katanya.

Selain itu, dengan cara mendongeng dapat menyampaikan pesan secara langsung kepada anak. Sehingga dengan kegiatan ini, semangat literasi dapat dikembangkan dan disemarakkan.

Sementara itu Eni, salah satu orang tua mengatakan kegiatan literasi rekreasi ini dapat memicu semangat anak dalam menumbuhkembangkan niat membaca. Ini sangat kreatif, ini dapat mengenalkan anak anak manfaat giat belajar, membaca.

Dengan pengenalan hewan itu juga berdampak pada pemahaman anak terhadap hewan tersebut. Misalnya mengenai tata cara memberlakukan hewan tersebut. Bahkan kedepannya, Zulfikri selain membaca, upaya meningkatkannya dengan Literasi Dakwah. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi