Beranda Advertorial Jambi Raih Penghargaan Layanan Transportasi Terbaik

Jambi Raih Penghargaan Layanan Transportasi Terbaik

JAMBI, AksesNews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama tahun 2019, dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia. Pemprov Jambi sendiri memperoleh peringkat kedua sebagai provinsi dengan layanan transportasi terbaik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi mengatakan, ‎penghargaan yang bernama Wahana Tata Nugraha (WTN) telah menseleksi 152 kabupaten/kota. Penilaian dilakukan oleh Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisan dan juga para pakar.

“Pemilihan penghargaan WTN yang diselenggarakan selama 5 hari dari 22-26 April yang diikuti oleh sekitar 152 kabupaten dan kota,” kata Budi, saat menghadiri pemberian penghargaan WTN di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (15/09/2019).

Peraih Layanan Transportasi Terbaik

Setelah dilakukan input data untuk menganalisis terhadap indikator penilaian, survei, dan ketentuan untuk menentukan bukti menentukan kabupaten/kota dan provinsi yang akan mendapatkan penghargaan, ditetapkan 92 Provinsi Kabupaten, Kota memperoleh piala WTN.

‎Pertama Wiratama diserahkan kepada 15 provinsi terbaik. Kedua, WTN tanpa catatan kepada 39 kabupaten dan kota, ketiga WTN dengan catatan diserahkan kepada 38 kabupaten dan kota. Dengan adanya penghargaan tersebut‎, akan mendorong pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi.

Adapun 15 provinsi dengan layanan transportasi terbaik adalah:

– Jawa Timur‎

– Jambi‎

– Yogyakarta

– Kalimantan Selatan

– Jawa Tengah

– Kepulauan Bangka Belitung‎

– Sumatera Barat

– Jawa Barat

– Kalimatan Timur

– Sumatera Selatan

– Sulawesi Utara

– Banten

– Sumatera Utara

– Lampung.

Pada acara tersebut, selain dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi, Varian Adhi Putra dan beberapa pejabat lainnya. Provinsi Jambi untuk pertama kalinya menerima penghargaan WTN tahun 2019 ini.

“Alhamdullilah Provinsi Jambi tahun 2019 ini untuk pertama kalinya meraih penghargaan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, dan ini harus kita pertahankan,” kata Kepala Dishub Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, usai menghadiri acara tersebut.

BACA JUGA: Mampu Tata Transportasi Publik, Fachrori Terima WTN Wiratama 2019

Sesuai yang diamanatkan dalam pasal 208 UU No. 22 thn 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, Dishub Provinsi Jambi terus berupaya memberikan pendampingan kepada kabupaten/kota dalam melaksanakan keselamatan dan penertiban angkutan dan lalulintas kendaraan.

“Dishub provinsi terus berupaya memberikan edukasi tentang tata kekelola keselamatan, khususnya pada bidang darat, dan setiap tahun menganggarkan untuk pelaksanaan pendampingan pelaksanaan WTN di kabupaten/kota,” jelasnya.

Baru 2 Kabupaten/Kota di Jambi

Peran Pemprov Jambi melalui Dishub Provinsi Jambi, yang berpartisipasi dalam pelaksanaan WTN dimana berperan aktif dalam membina kepada kabupaten/kota dalam menata kinerja sisitem transportasi perkotaan meliputi bidang lalu lintas, angkutan, sarana dan prasarana transportasi serta inovasi dan program unggulan daerah dibidang transportasi perkotaan yang berkelanjutan.

“Saya berkeinginan seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi semua mendapatkan WTN, yang artinya sistem transportasi kita sudah baik dan terjamin keselamatannya,” harap Kepala Dishub Varial Adhi Putra, Minggu (15/09/2019).

Dari 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi, baru dua daerah yang dinilai berhasil dan mampu menata transportasi publik dengan baik dalam indikator kinerja penyelenggaraan lalu lintas dan pelaksanaan sistem lalu lintas jalan, yakni Kota Jambi meraih Penghargaan WTN dan Kabupaten Bungo berupa Sertifikat. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi